April 16, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sering Sulit Tidur Malam ? Begini Rasulullah Memberi Solusi

3 min read
Informasi Pendaftaran Pemilih

ApakabarOnline.com – Tidur merupakan salah satu cara kita untuk beristirahat dari rutinitas. Namun, tidak jarang orang yang kesulitan untuk tidur di malam hari. Maka dari itu, berikut kami beri ulasan mengenai doa susah tidur malam hari yang sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW.

Gangguan tidur bisa timbul dari banyak faktor mulai dari stress, penyakit, makanan tertentu, dsb. Tentunya, cara yang terbaik untuk menyembuhkannya adalah dengan meminta pertolongan dari Allah SWT.

Doa susah tidur malam hari dari Nabi Muhammad SAW ini pernah dipraktikkan oleh sahabatnya. Setidaknya ada 3 doa yang bisa Anda lafalkan menjelang tidur di malam hari.

Berikut adalah kumpulan doa susah tidur malam hari yang sesuai anjuran Rasulullah SAW.

 

  1. Doa Jika gelisah di malam hari : Riwayat Zaid bin Tsabit

Penting untuk kita diketahui bahwa saat tidur malam hari tubuh bekerja mengeluarkan racun dan membentuk nutrisi baru. Oleh karena itu, Anda perlu waktu istirahat yang cukup agar tubuh bekerja maksimal.

Namun, terkadang insomnia bisa mengganggu. Saat tubuh terserang penyakit, maka gunakan doa di bawah ini untuk membantu meringankan gejalanya.

Dikisahkan pada suatu hari sahabat Nabi Zaid bin Tsabit mengalami susah tidur, karena alasan tertentu. Kemudian ia menceritakannya kepada Rasulullah, Kemudian Rasulullah mengatakan kepada Zaid untuk membaca doa berikut ini:

Allâhumma ghâratin nujûm wa hada’atil ‘uyûn, wa anta hayyun qayyûmun, lâ ta’khudzuhû sinatun wa lâ naum. Yâ hayyu, ya qayyûm, wa anim ‘aynî ahdi’ laylî

Artinya : Wahai Tuhan yang mengorbitkan bintang-bintang, Yang membuat mata terpejam, Engkau adalah Yang Hidup dan Terjaga, wahai Yang Hidup dan Terjaga lelapkanlah mataku dan redupkanlah malam.”

Setelah membaca doa ini, tiba-tiba penyakit susah tidurnya pun hilang, dan Zaid bisa kembali tidur seperti biasa.

 

  1. Doa Malam untuk Menghindari Godaan Setan – Riwayat Khalid bin Walid

Setan tidak berhenti menggoda manusia dengan bisikan menyesatkan termasuk saat tidur di malam hari. Salah satu faktor gangguan tidur yang kita alami bisa saja karena godaan dari setan.

Seperti kisah yang dialami oleh Khalid bin Walid, di mana saat itu ia pernah bercerita kepada Nabi Muhammad ketika mengalami susah tidur di waktu malam. Kemudian rasulullah menyarankan untuk membaca doa berikut ini:

 

فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَعَوَّذَ عِنْدَ مَنَامِهِ بِكَلِمَات اللهِ التَّامَاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

 

Artinya : Kemudian Rasulullah memerintahkannya untuk bertaawwudz (berdoa meminta perlindungan kepada Allah) ketika hendak tidur dengan membaca: “Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri.”

 

  1. Doa Tidur Untuk Menghindari Godaan Jin – Riwayat Khalid bin Walid

Sama seperti setan, jin pun bisa menggoda manusia. Untuk itu, kita perlu meminta perlindungan dari Allah Ta’ala agar saat malam hari dibebaskan dari gangguan tersebut.

Kisah ini masih dialami oleh Sahabat Nabi Khalid bin Walid, namun doa yang dianjurkan berbeda. Berikut adalah bacaan doanya:

 

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ جَمِيعِ الْجِنِّ وَالإِنْسِ ، وأَنْ يُفْرَطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يُؤْذِيَنِي عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ

 

Artinya: “Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu.”

Demikianlah kumpulan doa susah tidur malam hari yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hendaknya kita rutin mengamalkan doa ini agar tidur menjadi nyenyak terhindar dari godaan setan dan marabahaya. Sesungguhnya, Allah adalah sebaik-baiknya penolong.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya, dan semoga kelak gangguan tidur Anda segera menghilang.

Agar lebih bisa nyenyak dalam tidur, Anda membutuhkan berbagai aktivitas dan kegiatan untuk mengisi hari-hari Anda. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply