August 1, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Setelah Tidak Ada Penerbangan dari Indonesia ke Hong Kong, Begini Cara PMI Hong Kong Pulang ke Indonesia

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Terhitung sejak 25 Juni 2021, Hong Kong memutuskanuntuk melarang seluruh penerbangan penumpang dari Indonesia mendarat di Hong Kong. Hal tersebut tentu saja membuat WNI/PMI di Hong Kong yang hendak pulang ke Indonesia menjadi terkendala.

Beberapa pekerja migran Indonesia sempat kebingungan dengan keputusan tersebut lantaran mereka telah merencanakan kepulangannya setelah tanggal 25 Juni.

Namun ternyata, bagi PMI/WNI di Hong Kong yang menginginkan pulang ke Indonesia tetap bisa melakukan. Hanya saja, teknis rute penerbangannya yang berbeda.

Jika sebelum ditutup, mereka dengan mudah bisa menumpang pesawat yang tanpa transit, setelah ditutup, beberapa PMI yang pulang ke Tanah Air menumpang pesawat yang transit di Singapura.

Seperti Siti Masyitah misalnya, PMI Hong Kong asal Plemahan Kediri yang saat ini tengah menjalani karantina, bisa terbang meninggalkan Hong Kong dengan menumpang maskapai yang terbang dari Hong Kong kemudian berganti pesawat di Singapura.

Siti tidak sendiri, dirinya yang terbang pada Sabtu 03 Juli 2021 kemarin bersama belasan PMI Hong Kong lainnya.

Tentang harga tiketnya berapa, siti menjawab “ah, itu urusan majikan, yang penting saya bisa dapat tiket dan terbang pulang” tuturnya kepada APakabarOnline.com siang ini (08/07/2021). []

Advertisement
Advertisement