September 26, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Siap-Siap, 2023 Indonesia Berencana Impor Gula kristal Putih Sebannyak Hampir 1 Juta Ton

1 min read

JAKARTA –  Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah akan mengimpor gula kristal putih (GKP) sebanyak hampir satu juta ton atau persisnya 991 ribu ton tahun depan.

Kata dia, rencana impor itu keluar usai pemerintah menggelar rapat terbatas (ratas).

“Kita sudah ratas untuk tahun depan (RI) akan mengimpor gula kristal putih 991 ribu ton, hampir 1 juta ton. 3,6 liter rafinasi. Ada kebutuhan khusus 10 ribu atau 50 ribu,” katanya, Jumat (23/12/2022).

Tahun ini sendiri pemerintah sudah mengeluarkan izin impor sebanyak 500 ribu ton. Namun, kata Zulkifli, hingga saat ini realisasi impor baru mencapai 300 ribu ton.

Alhasil Kementerian Perdagangan pun memberikan pinalti pada importir yang belum melaksanakan mengirimkan gula konsumsi itu ke Tanah Air.

“Kemarin impor gula 500 ribu ton, yang melaksanakan itu kira kira 300 ribu ton, 200 ribu ton yang nggak melaksanakan. Itu sudah kita pinalti,” terangnya.

Zulhas juga memastikan kuota impor GKP tahun depan sudah masuk neraca komoditas.

“Tapi neraca komoditas sudah diputuskan 991 kristal putih langsung ke konsumen, 3,6 rafinasi untuk industri, yang khusus kira-kira 50 ribu,” tuturnya.

Ketika ditanya kapan impor gula tersebut masuk ke Indonesia, Zulhas menjawab saat ini sedang dalam proses.

“Lagi proses, kan Kementan kalau rafinasi apa Kemenperin, saya kan terakhir. Kalau sudah beres, baru ke tempat saya,” ujarnya. []

Advertisement
Advertisement