December 10, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sosialisasi Peluang Kerja ke Kantong PMI Dilakukan BP2MI

2 min read

SURABAYA – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bersama Komisi IX DPR  menyelenggarakan sosialisasi peluang kerja luar negeri dan pelindungan menyeluruh kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai Very Very Important Person (VVIP).

Sosialisasi yang digelar di Balai Desa Kumbang Sari, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (20/10/2022) ini, dihadiri ratusan peserta sosialisasi yang tampak antusias.

Anggota komisi IX DPR-RI, Anas Thahir menyampaikan,  peluang kerja dan pelindungan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Sosialisasi ini diadakan dalam rangka memberikan pelindungan lebih kepada masyarakat, selain tentunya peluang kerja yang bisa diraih. Pergi bekerja ke luar negeri itu merupakan pilihan, kerja di dalam negeri dipersilahkan, tetapi jika memilih bekerja di luar negeri, akan difasilitasi oleh pemerintah. Salah satunya adalah dengan pelindungan menyeluruh, dari mulai penempatan sesuai prosedur hingga pelindungan kepada PMI dan keluarga nya” jelas Anas.

Anas  memberikan apresiasi nya kepada Kepala BP2MI  Benny Rhamdani karena telah berhasil memberikan paradigma baru yang positif bagi PMI.

“Saya memberikan apresiasi kepada BP2MI, beberapa tahun ini berhasil memberikan paradigma baru. Lebih melindungi, lebih manusiawi, dan lebih gagah. Saya rasa hanya di era Pak Benny, yang berani melabrak para mafia dan oknum-oknum yang berbuat jahat kepada pekerja kita” tegas nya.

Senada dengan Anas Thahir, Direktur Sistem dan Strategi Penempatan dan Pelindungan (SSPP) Kawasan Eropa dan Timur Tengah Abdul Ghofar,  menyampaikan bahwa saat ini BP2MI terus mendorong untuk penempatan secara prosedural.

PMI yang berangkat ke luar negeri secara prosedural sudah dibekali dengan skill teknis maupun kemampuan bahasa. Dengan beberapa peluang kerja yang terbuka untuk beberapa kawasan, dapat mengubah image peluang kerja luar negeri yang selama ini didominasi Malaysia dan Arab Saudi.

Abdul Ghofar menyampaikan bahwasannya akan terbukanya peluang kerja untuk ke Negara Penempatan Qatar.

“Jangan terpaku kalau PMI itu hanya Malaysia atau Arab Saudi. Tetapi akan ada salah satu nya juga di Qatar. Tentu nya dengan beberapa persyaratan yang dipersyaratkan seperti Bahasa Arab. Dan gaji nya lebih besar daripada Malaysia dan Timur Tengah lainnya.” papar Ghofar.

Saat sosialisasi ini, dijelaskan juga bahwa dalam waktu dekat untuk Provinsi Wilayah Jawa Timur, pada Bulan Desember ini akan ada peresmian Lounge baru yakni Lounge PMI di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, yang akan menjadi Lounge PMI terbesar yang melebihi Lounge PMI yang berada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. []

Advertisement
Advertisement