December 10, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tahu Gak, Untuk Menghasilkan Sepiring Nasi, Diperlukan Sawah Seluas 0.13 Meter Persegi

1 min read

JAKARTA –  Nasi putih yang dimakan oleh orang Indonesia merupakan hasil dari tanaman padi yang tumbuh di kawasan sawah di seluruh Nusantara. Faktanya, sepiring nasi memerlukan lahan sawah 0,13 meter persegi untuk ditanami padi.

Perhitungan tersebut diuraikan oleh akun Instagram @realfact.id, yang menjelaskan bahwa 200 gram beras cukup menghasilnya 3 piring nasi porsi orang normal saat memakannya.

Sawah padi di kawasan Nusantara sangatlah luas, ternyata dalam setiap hektarenya, sawah bisa menghasilnya 3-5 ton hingga 15 ton gabah.

Dari hasil gabah tersebut, didapatlah setidaknya 8 ton gabah yang dikonvensi menjadi beras. Berdasarkan survey BPS, standar yang digunakan adalah 64,02%.

Maka hasil hitungannya adalah setiap satu hekatare lahan sawah akan menghasilnya sekitar 5.120 kilogram beras. Hal ini berarti dalam setiap per meter perseginya terdapat 512 gram beras.

Jika tadinya 200 gram bisa menjadi 3 porsi makan orang normal, maka perpiring nasi memiliki 67 gram beras. Dari sekitar 512 gram mampu mendapatkan 7,68 porsi yang dimasak menjadi nasi.

Sehingga per meter persegi dibagi 7,68 akan dihasilkan 0,13 meter persegi untuk menghasilkan satu piring nasi yang bisa membuat perut kita kenyang.

Nah, hal ini mampu mengingatkan kita betapa pentingnya untuk menghabiskan dan menghargai nasi saat makan siang maupun saat memakan nasi di waktu kapanpun.

Karena butuh 0,13 meter persegi untuk menghasilkan sepiring nasi yang bisa kamu santap. Serta di dalamnya terdapat kerja keras para petani untuk menghasilkan makanan pokok masyarakat Indonesia. []

Advertisement
Advertisement