June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tanda-Tanda Kerasukan Jin Dalam Tubuh dan Harus Dirukyah

3 min read

JAKARTA – Rukyah adalah metode pengobatan dengan doa yang dapat dilakukan terhadap orang atau rumah yang diganggu oleh jin.

Proses rukyah pada dasarnya bisa dilakukan sendiri. Namun, seringkali beberapa orang mengalami kesulitan ketika merukyah dirinya sendiri.

Kebanyakan seseorang tidak sadar seandainya ada jin atau sihir di tubuh mereka, sementara mereka sendiri enggan dan cenderung takut untuk melakukan rukyah, bahkan ada pula yang tidak percaya sama sekali.

Kita mungkin bisa merasakan ketika tubuh mengalami sesuatu yang berhubungan dengan dunia medis. Namun, ada beberapa hal yang justru terjadi pada tubuh yang tidak bisa dijelaskan secara medis, alias membutuhkan penanganan secara khusus. Salah satunya melalui proses rukyah, dengan membacakan Al-Qur’an dan juga doa-doa sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Dikutip dari Hidayatullah.com, ada beberapa alasan kenapa tubuh seseorang menjadi tempat yang nyaman untuk jin bersemayam. Pada dasarnya jin itu susah masuk ke dalam tubuh manusia, tapi kenapa bisa mudah? Pertama karena manusia itu jauh dan lalai dari Allah.

Kedua, ketika orang jauh dari agama dan lebih senang kepada hal duniawi. Selanjutnya dia membuka pakaian, celana dan sebagainya tanpa mengucapkan bismillahirahmannirahim. Itu yang akan membuat setan suka. Lalu juga sering tidur tengkurap.

Dari Auf bin Malik al-Asyja’i berkata, “Dahulu kami merukyah  di masa jahiliyah, dan kami bertanya, Wahai Rasulullah bagaimana pendapatmu? Rasulullah SAW bersabda, Perlihatkan padaku rukyah kalian. Tidak apa-apa dengan rukyah  jika tidak mengandung kemusyrikan.” (HR: Muslim).

Proses rukyah pada dasarnya bisa dilakukan sendiri. Namun, beberapa orang seringkali mengalami kesulitan ketika berusaha untuk merukyah  dirinya sendiri. Saat hal ini terjadi, sangat dianjurkan untuk meminta bantuan orang lain untuk membantu merukyah  dengan bantuan ayat suci Al-Qur’an.

Allah berfirman surat Al-Isra Ayat 82:

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS: Al Isra’: 82).

Dalam tubuh manusia, seringkali terjadi gangguan yang sebenarnya tidak bisa dipahami secara medis. Gangguan tersebut diketahui memiliki beberapa ciri. Jika anda mengalami setidaknya satu dari beberapa hal ini, tidak ada salahnya untuk menjalani pengobatan secara rukyah, agar pribadi bisa langsung disucikan dengan baik.

Berikut beberapa 25 ciri orang yang butuh dirukyah, dilansir dari Hidayatullah.com.

 

  1. Malas beribadah dan taat kepada Allah.
  2. Sering merasa pusing-pusing sebagian atau keseluruhan, leher terasa berat atau kaku.
  3. Dada terasa sesak atau panas.
  4. Sakit pada perut dan ulu hati.
  5. Gangguan sekitar rahim, prostat dan ginjal.
  6. Sakit yang sangat pada jam-jam tertentu.
  7. Sakit yang tiba-tiba datang dan hilang.
  8. Mudah marah atau tersinggung.
  9. Bingung, sulit berkonsentrasi.
  10. Sering bermimpi didatangi binatang buas.
  11. Sering bermimpi berhubungan badan.
  12. Bermimpi jatuh dari tempat yang tinggi.
  13. Bermimpi dengan orang yang sama.
  14. Resah, gelisah, takut, minder.
  15. Sulit tidur atau kebanyakan tidur.
  16. Sering berprasangka buruk atau merasa was-was.
  17. Merasa ada bisikan.
  18. Bisa melihat sesuatu makhluk atau benda yang biasanya tak bisa dilihat orang lain.
  19. Merasa ada yang mengikuti atau mengawasi.
  20. Sering lupa jumlah rakaat salat.
  21. Terasa berat mengantuk setiap berzikir, membaca Qur’an, atau berada dalam majelis ilmu.
  22. Sering sulit bangun pagi/ kesiangan salat Subuh.
  23. Terhalang rezeki, sering gagal dalam berusaha atau mencari nafkah.
  24. Terhalang jodohnya.
  25. Merasa tidak nyaman di kamar atau rumah yang ditempati.

 

Dan ciri lainya bisa di pelajari lebih lanjut atau di tanyakan kepada para ulama atau ustaz yang menekuni pembahasan bidang tersebut.

Rukyah sebaiknya tidak hanya dilakukan satu kali. Paling bagus jika dilakukan setiap hari secara mandiri, sejumlah ayat Al-Qur’an yang bisa dibacakan adalah Alfatihah, An Naas, Al Falaq, Al Ikhlas, dan Ayat kursi dibacakan dengan tangan menengadah dan kemudian ditiupkan ke tangan dan diusapkan dari kepala, perut hingga ke ujung kaki.

Sementara itu, dilansir Galamedia dari Kanal YouTube Ummi Saroh pada Rabu, 7 April 2021, berikut adalah sepuluh ciri-ciri seseorang harus dirukyah:

 

  1. Malas beribadah dan tidak taat kepada Allah SWT
  2. Sakit pada jam-jam tertentu saja
  3. Sakit yang tiba-tiba datang dan hilang
  4. Sering berprasangka buruk atau merasa was-was
  5. Sering lupa jumlah rakaat salat
  6. Merasa ada bisikan
  7. Terhalang rezeki (sering gagal dalam berusaha/mencari nafkah)
  8. Terhalangnya jodoh
  9. Sulit tidur dan kebanyakan tidur
  10. Kesiangan salat Subuh. []
Advertisement
Advertisement