April 16, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tengah Malam, Gempa 7.1 SR Guncang Jepang

1 min read
Informasi Pendaftaran Pemilih

HONG KONG – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,1 terjadi di Fukushima, Jepang. dan memicu pemadaman listrik yang meluas, tetapi tampaknya tidak ada kerusakan besar dan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Dilasir dari REUTERS, Sabtu (13/02/2021) pusat gempa berada di lepas pantai prefektur Fukushima pada kedalaman 60 km (36 mil), kata Badan Meteorologi Jepang.

Gempa yang melanda pada pukul 23.08. waktu setempat (1408 GMT), dan mengguncang gedung-gedung di ibu kota Tokyo dan tempat lain. Badan Meteorologi mengatakan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Sekitar 950.000 rumah tangga tanpa aliran listrik, juru bicara pemerintah Katsunobu Kato mengatakan dalam pengarahan yang disiarkan oleh penyiar publik NHK.

Dia mengatakan tidak ada kejanggalan di dua fasilitas nuklir, Fukushima Dai-ni dan Onagawa. Pihak berwenang masih memeriksa di Fukushima Dai-ichi, katanya.

NHK mengatakan tidak ada laporan penyimpangan di fasilitas nuklir lain di Tokaimura, di prefektur Ibaraki.

Gempa melanda Fukushima hanya beberapa minggu sebelum peringatan 10 tahun 11 Maret 2011, gempa yang menghancurkan timur laut Jepang dan memicu tsunami besar yang menyebabkan krisis nuklir terburuk di dunia dalam seperempat abad – yang berpusat di Fasilitas Dai-ichi.

Untuk diketahui, gempa bumi memang sering terjadi di Jepang, salah satu daerah seismik paling aktif di dunia. Jepang menyumbang sekitar 20 persen gempa bumi berkekuatan 6 atau lebih besar di dunia. []

Advertisement
Advertisement