November 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Terkendala, 35 CPMI Hong Kong Gagal Berangkat

1 min read
Feature image Terkendala Administrasi, 35 CPMI Hong Kong Gagal Berangkat (foto Istimewa)

Feature image Terkendala Administrasi, 35 CPMI Hong Kong Gagal Berangkat (foto Istimewa)

-

MATARAM – Sebanyak 49 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) belum bisa ke negara tujuan karena terkendala administrasi. “Ada 49 calon PMI kita belum bisa berangkat karena menunggu adiministrasi negara tujuan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram H Rudi Surawan, pekan lalu.

Menurutnya, sebagian besar calon PMI sudah siap berangkat. Dari 49 calon PMI, ada 34 orang dengan negara tujuan Hongkong yang menunggu jadwal pemberangkatan  dan rekomendasi dari masing-masing perusahaan. “Tapi sampai saat ini belum ada kepastian,” tutur Rudi, sapaan karibnya.

Dikatakan, sebanyak 49 calon PMI sudah selesai mengurus administrasi. Seperti 34 calon PMI yang ke Hongkong administrasi di kantor sudah selesai. Sedangkan sisanya yang ke Singapura, Italia, Arab Saudi, dan Polandia.

“Yang baru menerima PMI di tengah pandemi Covid-19 hanya Hongkong, sisanya belum,” cetus mantan kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mataram ini.

Kendati demikian, belum ada kepastian pemberangkatan  PMI tersebut. Namun begitu dia meminta calon PMI bisa mengikuti pelatihan dari masing-masing perusahaan.

“Rata-rata calon PMI akan bekerja di sektor informal dan asisten rumah tangga,” ucapnya. []

Advertisement
Advertisement