July 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tiga Kecamatan Pengirim PMI Terbanyak di Kabupaten Blitar

1 min read

BLITAR – Empat ribu warga Kabupaten Blitar tercatat sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Masalah ekonomi jadi alasan terbanyak untuk bekerja di luar negeri.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, jumlah PMI pada 2023 mencapai 4.167 orang. Jumlah itu terdiri ada 2.749 pekerja di sektor informal dan 1.418 pekerja di sektor formal.

“Kalau dari tahun sebelumnya (2022) ada penurunan, meskipun tidak banyak yaitu sekitar 4.446 orang. Sedangkan tahun kemarin (2023) jumlahnya 4.167 orang yang tercatat di data kami,” kata Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Blitar, Yopie Kharisma Sanusi , Rabu (31/1/2024) dinukil dari detik news.

Yopie menyebutkan, pekerja perempuan mendominasi di sektor informal yakni sekitar 2.734 orang. Sementara di sektor formal lebih banyak diisi oleh laki-laki yaitu 1.271 orang.

“Sektor informal ini biasanya sebagai pekerja rumah tangga, kalau formal bekerja di pabrik dan sebagainya,” imbuhnya.

Di Kabupaten Blitar, ada tiga kecamatan dengan jumlah PMI terbanyak. Yaitu Kecamatan Ponggok, Kecamatan Kademangan dan Kecamatan Gandusari. Sementara negara yang paling banyak menjadi tujuan para PMI yakni, Hongkong, Taiwan dan Malaysia.

Menurut Yopie, keterbatasan ekonomi masih menjadi alasan warga Kabupaten Blitar bekerja di luar negeri. Mereka hendak memperbaiki kondisi ekonomi, dengan mengadu nasib menjadi PMI.

“Rata-rata karena memang masalah ekonomi, mereka (PMI) ingin memperbaiki kondisi ekonominya,” terangnya.

PMI di Kabupaten Blitar, tambah dia, masuk dalam daftar paling banyak nomor dua di Jawa Timur. Sedangkan, di tingkat nasional menduduki nomor empat.

“PMI Kabupaten Blitar ini paling banyak nomor dua di Jatim dan nomor empat di nasional. Jadi bisa dikatakan lambungnya PMI,” tandasnya. []

Advertisement
Advertisement