October 24, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tips dan Doa yang Harus Diamalkan Agar Bebas dari Rasa Minder dan Kurang Percaya Diri

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Kita semua pasti sudah tahu, percaya diri itu sebuah sikap yang muncul dari dalam diri kita, mempengaruhi pola berpikir, dan akan terlihat dari tingkah laku yang kita tunjukkan.

Kadar percaya diri dalam setiap orang berbeda-beda, namun kesamaan prinsip dan patokan nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari biasanya membuat keberadaan percaya diri itu terlihat hampir sama di setiap pemahaman.

Berikut ada tips buat teman-teman, 4 cara untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi seorang muslim.

Pertama, anggaplah diri kita sebagai seseorang yang spesial. you are the special one! Kita tidak boleh menganggap remeh diri kita sendiri. Sulit? bagi seseorang yang mengalami krisis kepercayaan diri, ini sulit. Akan selalu sulit selama diri kita sendiri yang mengatakan itu sulit. Oke, coba katakan pada dirimu sekarang.

“Alhamdulillah, aku spesial. Allah udah pilih aku untuk diberi Ruh, mendapat banyak potensi dan bakat dari Allah. Aku hanya perlu menyadari dan mngembangkanya.”

Kedua, selalu berprasangka baik kepada Allah atas segala sesuatu yang menimpa diri kita. percanyalah bahwa kesulitan yang sedang anda beban adalah cara Allah untuk meninggkan derajat kita, menaikkan level kita dan bentuk sayangnya Allah sama Kita, saking kangennya Allah sama Kita.

Ketiga, mendekatkan diri dengan lingkungan yang positif. InsyaAllah, komunitas Berproses Berprogres ini menjadi wasilah dari Allah untuk Kita dapat berkumpul dengan teman-teman yang positif, yang mau berproses bersama-sama hingga mendapatkan progres bersama pula.

Terakhir, berdoa. Oke, Aku langsung kasih do’anya.

“Robbisy rohlii shodri wa yassyirlii amrii wahlul uqdatammillisaanii yafqohuu qoulii”

Artinya: “Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

Doa ini adalah doa nabi musa kepada Allah sebelum dia berdakwah kepada firaun. mari kita kita ucapkan ketika akan menghadapi situasi yang membutuhkan kepercayaan diri. Misalnya, ketika Kita akan presentasi, wawancara, pidato, bertemu dengan orang penting, berbicara dengan orang yang berpengaruh, dll.

Sederhana, bukan? Baikhlah, kamu sudah siap untuk mulai percaya diri? []

Advertisement
Advertisement