November 30, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Wahai Wanita, Kebiasaan – Kebiasaan Berikut Bisa Memicu Kanker Payudara

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Tahukah kamu, ada beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan kanker payudara pada wanita. Sayangnya belum semua wanita mengetahui dampak negatif dari kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Padahal seperti kita ketahui, kanker masih menjadi penyakit berbahaya dan mematikan. Ya, kanker seolah jadi momok menakutkan bagi setiap orang sampai hari ini.

Terlebih, belum ada penelitian atau studi yang menunjukkan penyebab pasti dari penyakit kanker, termasuk kanker payudara.

 

Kebiasaan Buruk Pemicu Kanker Payudara pada Wanita

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kanker payudara termasuk kanker yang paling umum dialami wanita. Ada lebih dari 41.000 wanita diperkirakan meninggal karena penyakit ini. Namun, kanker payudara juga dapat didiagnosis pada pria.

Kendati demikian, setiap orang dapat mengantisipasi penyakit kanker dengan memilih opsi gaya hidup sehat sedari dini.

Serta, mengenali beberapa faktor yang meningkatkan peluang seseorang terkena kanker payudara, termasuk kebiasaan sehari-hari yang sering diabaikan.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan buruk penyebab kanker payudara pada wanita yang #KAMUHARUSTAU:

 

  1. Bekerja shift malam

Sebuah studi di tahun 2013 yang diterbitkan oleh British Medical Journal menemukan bahwa kerja shift malam dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Kemudian, riset pada 2.300 wanita yang sebagian bekerja shift malam, menunjukkan bahwa mereka yang bekerja shift malam selama 30 tahun atau lebih berisiko dua kali lipat terkena kanker.

 

  1. Kurang aktif bergerak

Kebiasaan buruk pemicu kanker payudara berikutnya adalah kurang aktif bergerak termasuk kurang rutin olahraga dan terlalu lama duduk.

Salah seorang peneliti dari American Institute for Cancer Research (AICR) mengatakan aktivitas fisik dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, kanker payudara pasca menopause dan kanker endometrium.

 

  1. Menggunakan produk kosmetik berbahan kimia

Beberapa bahan kimia pada kosmetik berkontribusi pada perkembangan kanker, tidak terkecuali kanker payudara. Banyak dari bahan kimia kosmetik tersebut dapat mengganggu hormon.

Misalnya, dapat memengaruhi bagaimana estrogen dan hormon lain bertindak dalam tubuh dengan memblokir atau menirunya, sehingga keseimbangan hormon tubuh menurun.

 

  1. Konsumsi junk food

Sering mengonsumsi makanan cepat saji (junk food) merupakan salah satu kebiasaan buruk penyebab kanker payudara pada wanita yang sebaiknya dihindari.

Karena, kandungan bahan pengawet pada makanan cepat saji sangat berbahaya dan mempercepat risiko wanita terkena kanker payudara.

 

  1. Memakai bra terlalu ketat

Sebagian wanita mungkin lebih suka menggunakan bra yang ketat, mungkin alasannya untuk membuat payudara lebih kencang. Tapi kebiasaan seperti itu ternyata berpotensi menyebabkan kanker payudara.

Bra terlalu ketat akan menghambat aliran darah ke payudara. Awal mula, biasanya hanya sekadar nyeri punggung biasa. Lama-kelamaan, risiko terbesarnya adalah kanker payudara.

 

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk penyebab kanker payudara pada kebanyakan wanita yang sebaiknya tidak dilakukan lagi, bahkan sebisa mungkin benar-benar dihindari. []

Advertisement