Waspada peredaran Uang Kertas Palsu di Hong Kong

Prime Banner

HONG KONG – Canggihnya sistem transaksi dan sistem pendeteksi originalitas mata uang yang diberlakukan di Hong Kong ternyata masih memiliki celah bagi peredaran uang kertas Hong Kong Dolar palsu.

Hal ini terungkap dari hasil penggerebegan yang dilakukan oleh Polisi dari satuan kriminal di Sham Shui Po.

Laporan masyarakat tentaang adanya peredaran uang palsu yang banyak beredar di kawasan Kwoloon, Sham Shui Po, Aberdeen, Tsing Yi, Sau Mau Ping, To Kwa Wan an Tai Po beberapa waktu belakangan.

Tak Tanggung-tanggung, pecahan uang palsu memiliki nilai nominal HKD 100, HKD 500 bahkan ada pula yang HKD 1.000.

Menukil pemberitaan HK01, di sebuah flat di Aberdeen, tengah malam (21/04/2019) tadi, Polisi berhasil menemukan tempat yang dijadikan sebagai pabrik uang palsu. Dalam penggerebegan tersebut Polisi mengamankan empat orang dimana salah satunya menjadi otak dari kejahatan tersebut, sedangkan tiga lainnya berperan sebagai pengedar.

Di lokasi penggerebegan, Polisi menemukan barang bukti peralatan yang digunakan untuk membuat uang palsu, serta 269 lembar uang palsu dalam nominal HKD 500, 846 lembar uang palsu dalam nominal HKD 100.

Usianya masih muda, Polisi menyebut, seorang warga Hong Kong bermarga Yip berusia 22 tahun menjadi aktor sekaligus otak pembuatan uang palsu.

Tak lama setelah penggerebegan dilakukan, Harian Dim Sum melaporkan, di sebuah toko yang berlokasi di Chi Kiang street, To Kwa Wan, Polisi mendapatkan laporan adanya transaksi di toko tersebut dengan mkenggunakan uang palsu.

Sayang sekali, pelaku belum berhasil ditangkap selain barang bukti selembar uang palsu dalam pecahan HKD. 1.000 serta rekaman CCTV yang diambil dari toko tersebut.

Pihak berwajib menghimbau kep[ada masyarakat agar lebih mengenali ciri-ciri uang kertas Hong Kong dolar asli dan palsu agar tidak tertipu saat bertransaksi. []

You may also like...