Pageblug Corona Mulai Terkendali, Namun Hong Kong Kembali Hadapi Unjuk Rasa Lagi

Feature Image Pageblug Corona Mulai Terkendali, Hong Kong Kembali Hadapi Unjuk Rasa Lagi (foto HK01)
Feature Image Pageblug Corona Mulai Terkendali, Hong Kong Kembali Hadapi Unjuk Rasa Lagi (foto HK01)
Prime Banner

HONG KONG – Pageblug COVID-19 di wilayah Hong Kong dinyatakan sudah mulai terkendali, setidaknya dengan indikasi tidak ada gejolak pertambahan kasus baru dalam beberapa hari belakangan dan diumumkannya kabar, aparatur sipil atau PNS di Hong Kong akan kembali bekerja dari kantor.

Selain itu, beberapa fasilitas dan layanan umum secara bertahap akan kembali beroperasi dan dibuka untuk umum mulai 7 Mei 2020 nanti.

Namun dibalik itu, gelombang unjuk rasa berkepanjangan yang dalam tanda kutip “tiarap” sejak pageblug corona melanda Hong Kong sejak awal Januari 2020 silam, beberapa hari belakangan menampakan tanda-tanda menggeliat dan akan kembali turun ke jalan seperti enam bulan terakhir di tahun 2019 silam.

Hal tersebut tampak dari beberapa aksi mulai dari peringatan terkait dengan momentum penting dari gelombang unjuk rasa kemarin, hingga beberapa pernyataan yang sempat dikutip media-media lokal di Hong Kong bahwa mereka (kelompok demonstran) masih tetap solid dan tetap memperjuangkan cita-cita mereka.

 

Polisi Hong Kong Tidak Memberikan Ijin, Tetapi “May Day” 2020 Tetap Akan Digelar Unjuk Rasa di Lima Titik di Hong Kong

 

Selasa (28/04/2020) kemarin, aksi unjuk rasa dilakukan di IFC Mall. Ratusan demonstran berkumpul dengan tajuk gathering.

Keesokan harinya, Rabu (29/04/2020), aksi unjuk rasa juga digelar di Landmark Central.

Terkini, kemarin (30/04/2020), pengunjuk rasa juga mulai menampakkan  aksi mereka dengan berkumpul di kawasan MTR Station Prince Edward dengan membawa bunga untuk mengenang insiden di tempat tersebut.

Tak ayal, pasukan anti huru hara yang selama pageblug COVID-19 jarang tampak di depan publik, kemarin, mereka kembali muncul melakukan pengamanan di exit B1 MTR Station Prince Edward.

Bahkan, di beberapa kawasan seperti Tin Shui Wai, unjuk rasa belum berhenti hingga waktu merambat mendekati tengah malam. Pasukan anti huru hara tampak mengangkat bendera kuning memperingatkan pengunjuk rasa untuk segera membubarkan diri.

Bahkan hari ini (01/05/2020), gelaran aksi unjuk rasa juga akan digelar di lima titik sekaligus, yakni di Sai Ying Pun, Causeway Bay, Kwun Tong, Mong Kok dan Tai Po dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia. []

You may also like...