August 1, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

16 Hari Zero Kasus Lokal, Hari Ini Hong Kong Kembali Mencatat 7 Kasus Baru, Dua Diantaranya dari Indonesia

2 min read
Suasana pintu kedatangan bandara internasional Hong Kong dalam situasi pandemi (Foto HK01)

Suasana pintu kedatangan bandara internasional Hong Kong dalam situasi pandemi (Foto HK01)

Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Setelah selama 16 hari berturut-turut, Hong Kong melaporkan zero kasus lokal, hari ini (24/06/2021), Hong Kong Centre for Health Protection (CHP) melaporkan, dalam 24 jam belakangan di Hong Kong kembali ditemukan sebanyak 7 kasus baru positif terinfeksi virus corona.

Dr. Chuang Shuk-kwan dari Hong Kong Centre for Health Protection (CHP) dalam keterangan persnya merinci, 7 kasus baru tersebut didapat dari 1 kasus lokal yang tidak diketahui sumber penularannya dan 6 kasus impor.

1 kasus lokal yang tidak diketahui sumber penularannya menimpa seorang pria berusia 27 tahun warga Hong Kong yang berprofesi sebagai ground handler, atau tukang memberi aba-aba saat pesawat terbang akan mendarat di Bandara Internasional Hong Kong. 1 Kasus lokal tersebut terinfeksi virus corona varian mutan, yakni L452R.

Sedangkan 6 kasus impor dibawa oleh 4 orang pelajar Hong Kong yang baru datang dari Inggris, serta dua PRT Asing asal Indonesia. Seluruh kasus impor juga terdeteksi terinfeksi virus corona varian mutan yakni L452R.

Dalam kesempatan yang sama, Dr.Ronald Lam dari Hong kong Centre for Health Protection mengungkapkan, trend varian virus mutan saat ini menyebar lebih cepat keseluruh dunia dibanding varian induknya.

Lam menambahkan, varian mutan banyak menyerang kalangan anak muda yang belum mendapatkan vaksinasi.

Hingga saat ini, jumlah seluruh kasus positif terinfeksi virus corona di Hong Kong telah mencapai 11.906 kasus dengan 210 kematian.

Jumlah pasien yang saat ini masih menjalani perawatan terpantau sebanyak 34 pasien dimana 1 pasien diantaranya dalam keadaan kritis.

Sementara itu, di Indonesia, angka pertambahan kasus Covid-19 di Indonesia kembali menembus rekor baru yang semakin membuat kekhawatiran bahwa pandemi semakin tidak terkendali di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kasus baru virus corona (Covid-19) di Indonesia kembali bertambah 20.575 orang, Kamis (24/06/2021). Ini merupakan rekor tertinggi dalam penambahan kasus baru dalam satu hari sejak pandemi melanda Indonesia

Jumlah kasus baru tersebut membuat akumulasi kasus positif menjadi 2,053 juta orang. Hasil positif tersebut ditemukan dari 136.896 spesimen yang selesai diperiksa pada hari ini dan kemarin.

Kabar baiknya, pada hari ini kasus kesembuhan kembali bertambah 9.201 orang sehingga totalnya menjadi 1,826 juta orang. Sementara itu, kasus kematian bertambah 355 orang sehingga totalnya menjadi 55.949 orang.

Dengan pertambahan yang terjadi pada hari ini maka kasus aktif Covid-19 di Indonesia menembus 171.572 kasus. Jumlah ini semakin mendekati rekor kasus aktif di 176 ribu orang. []

 

Advertisement
Advertisement