December 6, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Hobi Motret dari Gadget Bisa Menghasilkan Uang, Caranya Gampang

3 min read

ApakabarOnline.com – Ternyata ada banyak cara untuk menghasilkan cuan di era serba canggih seperti saat ini. Salah satunya adalah menjual foto melalui situs Shutterstock.

Shutterstock adalah marketplace atau situs jual beli stok foto terbesar dan paling populer. Memiliki ratusan juta gambar dari para fotografer dan desainer.

Tentu saja, setiap hasil karya tersebut akan dibayar dalam kurs dolar AS. Tak heran, banyak dari mereka menggunakan Shutterstock untuk memamerkan hasil jep retannya.

Oleh karena itu, daripada koleksi foto kamu cuma jadi pajangan di kamar atau masih tersimpan di hard disk, lebih baik dijual lewat Shutterstock. Bisa dapat uang banyak dan sukses besar.

 

Cara Jual Foto di Shutterstock

Jual foto di Shutterstock tidak sulit seperti yang dibayangkan. Siapapun pasti bisa menjadi kontributor di situs tersebut. Jika ingin jual foto di Shutterstock, ikuti beberapa langkah berikut ini:

 

  1. Lakukan pendaftaran

Sebelum menjual hasil foto terbaik, kamu perlu melakukan registrasi atau mendaftar sebagai kontributor Shutterstock terlebih dulu. Caranya hanya perlu mengakses situs Shutterstock dari ponsel atau PC.

Selanjutnya klik regustrasi. Kemudian akan muncul formulir pendaftaran yang harus diisi dengan benar dan lengkap.

Setelah itu, konfirmasi pendaftaran melalui email yang masuk. Bila konfirmasi berhasil, kamu resmi tergabung menjadi kontributor Shutterstock. Selanjutnya, tinggal siapkan foto terbaik untuk dijadikan fulus.

 

  1. Verifikasi data

Setiap kontributor baru di situs Shutterstock wajib mengonfirmasi akun yang telah dibuatnya terlebih dulu. Biasanya, akan ada instruksi lanjutan untuk verifikasi data. Kamu akan diminta mengunggah kartu identitas, seperti KTP dan memasukkan kata sandi baru.

 

  1. Harus punya rekening virtual

Dalam proses pembayaran atau transfer uang, Shutterstock menggunakan Paypal. Paypal adalah rekening virtual yang menyediakan jasa layanan transfer dan pembayaran secara online.

Jadi, kamu sebagai kontributor wajib memiliki akun Paypal yang sudah terverifikasi agar proses transaksi keuangan berjalan dengan lancar, terlebih dilakukan lintas negara.

 

  1. Pilah pilih foto yang akan dijual

Ketika tahapan pendaftaran, sudah punya akun resmi dan rekening virtual, berikutnya adalah bersiap menjual foto atau gambar terbaik kamu di Shutterstock. Unggah saja foto yang paling keren dan berkualitas baik yang kamu miliki.

Bebas foto jenis apapun. Tetapi perlu diperhatikan juga kriteria atau standarnya agar foto diterima dan dapat dijual, di antaranya merupakan karya seni orisinil, foto tidak ada watermark atau merek apapun, serta ada pernyataan model release bila foto menggunakan model orang.

 

  1. Verifikasi foto oleh pihak Shutterstock

Ketika foto berhasil diunggah, pihak shutterstock akan mengecek atau melakukan verifikasi. Apakah foto tersebut sesuai dengan kriteria dan bisa lolos untuk masuk di situs atau tidak.

Bila tidak sesuai, bisa karena resolusi yang kurang, foto kurang fokus, atau kekurangan lain dari hasil foto tersebut. Verifikasi foto tersebut juga tidak sembarangan.

Langsung di review oleh tim Shutterstock yang sudah malang melintang alias jam terbang tinggi di bidangnya. Jadi, tak perlu diragukan lagi profesionalitas dan kredibilitasnya.

 

  1. Pembayaran hasil penjualan

Setelah di publish di situs Shutterstock, foto kamu berpotensi laku terjual. Bukan hanya di download oleh satu orang, tetapi juga banyak orang atau pemilik akun.

Pihak Shutterstock juga bakal memberi tahu foto yang laku terjual dan berapa penghasilan kamu. Akan tetapi, syarat duit bisa cair atau dana akan dikirim ke akun Paypal kamu jika penghasilan mencapai sekitar USD 200.

Jadi, misalnya kalau satu foto seharga USD 99, kamu baru bisa menikmati hasil penjualan ini ketika sudah laku dua atau tiga foto. []

Sumber Cermati

Advertisement
Advertisement