May 17, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

UMKM di Trenggalek Disiapkan untuk Orientasi Ekspor

1 min read

TRENGGALEK – Dalam pelantikan kepengurusan Asosiasi UMKM Trenggalek periode 2022-2026, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mendorong seluruh pelaku UMKM di Kabupaten Trenggalek terus kuatkan kolaborasi menuju Go Ekspor, Selasa (18/01/2022).

Menurut Bupati, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM di Trenggalek untuk bisa menembus pasar internasional.

Salah satunya dengan menggandeng diaspora asal Trenggalek sebagai agen pemasaran beragam produk unggulan yang dihasilkan pelaku UMKM didaerahnya.

“Saya berharap UMKM kita bisa Go Ekspor, salah satunya kita memanfaatkan teman teman diaspora yang ada sebagai agen pemasaran dari produk umkm lokal kita,” tutur Bupati Nur Arifin.

Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut suami Novita Hardini ini diperlukan sebuah kolaborasi yang kuat dari seluruh pihak, baik antar sesama pelaku UMKM maupun dengan pemerintah.

“Harapannya nanti UMKM semakin rukun, semakin bisa berkolaborasi, terus bisa berkomunikasi dengan dinas lebih baik,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini juga berharap pelaku usaha mikro di Trenggalek bisa menyambut setiap peluang yang telah disiapkan Pemerintah. Mulai dari program 5000 pengusaha perempuan baru, sampai dengan inovasi terbaru dalam Surat Edaran yang menginstruksikan penggunaan pakaian hasil produk UMKM lokal Trenggalek bagi seluruh ASN.

“Setelah ini kita akan mengeluarkan Surat Edaran memakai baju bebas tetapi produk UMKM setiap hari jumat. Setiap hari kamis juga kita juga pakai baju surjan, bawahan batik,” jelas Bupati.[]

Advertisement
Advertisement