November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Akhir Pekan, Badai Topan Tropis Atsani Mendekati Hong Kong

1 min read
Prime Banner

HONG KONG –  Dalam sebulan belakangan, beberapa topan tropis yang tumbuh dari lautan lepas timur Filipina satu persatu bergerak melintasi wilayah Filipina menuju ke laut china selatan. Ada beberapa topan yang dampaknya terasa kuat di Hong Kong, dan ada beberapa lagi yang dampaknya tidak membahayakan di Hong Kong.

Hong Kong Observatory, kali ini menginformasikan terkait dengan rencana kedatangan topan tropis bernama topan Atsani pada akhir pekan ini.

Pantauan di laman Hong Kong Observatory, topan Atsani bibitnya lahir di Samudera Pasifik teatnya di Barat Laut Negara Kepulauan Micronesia pada 29 Oktober kemarin.

Dalam perjalanannya, topan tersebut tumbuh menjadi topan yang memiliki kecepatan gerak cukup kuat dan bergerak ke arah Filipina.

Hari ini (05/11/2020), topan Atsani kepala pusarannya berada di Timur Laut Wilayah Utara Filipina, tepatnya di perairan utara pulau Luzon atau di Tenggara Taiwan dengan kecepatan 105 km/jam.

Jika ramalan Hong Kong Observatory tidak meleset, topan ini akan terus bergerak lurus mendekati Hong Kong melewati lautan antara Filipina dengan Taiwan, dan diperkirakan akan berbelok ke arah selatan saat sampai di perairan Laut China Selatan, Timur Wilayah Hong Kong pada Sabtu 7 November besok.

Jarak kepala pusaran pada posisi terdekat dengan Hong Kong diperkirakan di radius 400 km dengan kecepatan gerak di 85 km/jam.

Belum ada keterangan terkait dengan prediksi situasi pada akhir pekan ini terkait dengan kedatangan Topan Atsani. Hong Kong Observatory menyatakan akan terus memberikan update hasil pantauan. []

Advertisement