January 31, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Amalan Saat Cuaca Dingin Agar Terhindar dari Penyakit dan Musibah

2 min read

JAKARTA – Musim hujan yang kian turun terus menerus membuat cuaca dingin. Apalagi bagi Anda yang berada di kawasan pengunungan, musim hujan membuat tubuh serasa tertusuk rasa itu.

Sebagai persiapan batin, kita sebagai orang Islam harus mengamalkan amalan dan atau zikir agar tubuh dijaga oleh Allah SWT dari rasa sakit dan musibah di saat musm dingin tiba. Tentu saja selain harus melakukan penjagaan secara lahiriyah atau secara medis.

Terkait hal tersebut terdapat sebuah dzikir doa dari Sulthonul ‘Alim Habib Salim bin Abdullah As-Syatiri. Habib Salim berkata :

Artinya: “Barang siapa yang membaca di hari yang sangat dingin (artinya) “Tiada Tuhan Selain Allah, betapa dinginnya hari ini. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sangat dinginnya neraka jahanam.” Maka ALLAH SWT akan menjaga dari bahaya dingin disaat itu. Dan barang siap yang membaca di hari yang sangat panas (artinya) “Tiada Tuhan Selain Allah, betapa panasnya hari ini. Ya Allah, aku berlindung padamu dari panasnya api jahanam.” Maka ALLAH SWT akan menjaga dari bahaya panas di saat itu”

Dari keterangan di atas dapat dsimpulkan bahwa dzikir ini terbagi menjadi dua, yaitu dzikir saat terjadi hujan atau cuaca dingin yang ekstrim dan dzikir saat terjadi panas yang ekstrim.

Berikut doa saat terjadi cuaca dingin:

Laailaha Illallah Maa Asyadda Barda hadzal yaumi. Allahumma Innii a’uzubika min zamhariri jahannam

Artinya: “Tiada Tuhan Selain Allah, betapa panasnya hari ini. Ya Allah, aku berlindung padamu dari dinginnya api jahanam.”

Amalkan doa dan zikir di atas saat cuaca dingin seperti sekarang. Insya Allah Anda akan selamat dari segala macam bentuk penyakit dan musibah. Amin.[]

Advertisement
Advertisement