January 28, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sumber Syafaat di Hari Kiamat

2 min read

JAKARTA – Kelak di hari kiamat manusia akan terbagi menjadi dua golongan. Yaitu golongan yang masuk surga dan golongan yang masuk neraka. Golongan yang masuk surga bisa karena amal baiknya sendiri saat di dunia atau karena mendapatkan syafaat.

Setidaknya ada 3 jenis syafaat yang bisa didapatkan oleh seorang muslim saat di akhirat nanti. Berikut penjelasannya.

 

  1. Syafaat dari Nabi Muhammad

Salah satu keistimewaan Nabi Muhammad yang diberikan Allah ialah, tentang syafaat atau pertolongan Nabi Muhammad untuk umatnya. Hal ini sebagaimana termuat dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim.

Rasulullah bersada: “Setiap Nabi mempunyai doa yang mustajabah, maka setiap Nabi doanya dikabulkan segera. Sedangkan saya menyimpan doaku untuk memberikan syafaat kepada umatku di hari kiamat. Syafaat itu insyaAllah diperoleh umatku yang meninggal tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun.” (HR Muslim).

 

  1. Syafaat dari Al-Qur’an

Syafaat lainnya yang bisa diperoleh seorang muslim di hari kiamat ialah syafaat dari Al-Qur’an. Al-Qur’an akan memberikan pertolongan di hari akhir nanti bagi muslim yang gemar membacanya, menghafalkan, dan mengamalkannya.

Hal ini sebagaimana termuat dalam hadis yang diriwayatkan Muslim.

Rasulullah bersabda: “Rajinlah membaca Al-Qur’an, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

 

  1. Syafaat dari teman saleh

Syafaat yang bisa diperoleh di hari kiamat bagi umat Islam selanjutnya ialah datang dari teman, saudara, kerabat, atau keluarga yang saleh. Imam Nawawi menjelaskan hal ini dalam bab keutamaan berkumpul dengan orang saleh. hal tersebut berdasarkan hadis Nabi:

“Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai,” (HR Bukhari dan Muslim).

Sementara itu, Imam Hasan Al-Bashri menegaskan, “Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat di hari kiamat.

Itulah 3 jenis syafaat yang bisa didapatkan seorang muslim di hari kiamat. Semoga kita semua termasuk golongan yang mendapatkannya. Aamiin![]

Advertisement
Advertisement