April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Awas, Makan Makanan Berikut ini Saat Sahur Bisa Bikin Lemas saat Puasa Seharian

3 min read

JAKARTA – Salah satu amalan yang dianjurkan dalam melakukan ibadah puasa adalah sahur. Namun saat sahur, ada beberapa makanan yang baiknya dihindari karena bisa membuat badan lemas.

Dikutip dari halodoc.com, makan sahur dalam porsi yang banyak memang dapat membuat perut terasa kenyang. Namun, jika asupan saat sahur tidak diperhatikan dengan baik kandungan nutrisinya, bukan tidak mungkin kamu akan kembali lapar di siang hari saat menjalani ibadah puasa.

Olehnya itu, agar kebugaran tubuh tetap terjaga saat puasa hingga waktu berbuka, penting untuk memperhatikan menu makanan saat sahur.

Lantas, apa saja menu makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur?

Melansir cnnindonesia.com yang mengutip dari berbagai sumber, berikut menu makanan yang sebaiknya dihindari saat santap sahur sebab bisa membuat lemas:

  1. Roti tawar

Karena waktu untuk persiapan cukup sedikit, sebagian orang memilih menu sahur yang praktis dan roti isi atau roti tawar dengan isian tertentu.

Namun sebaiknya pilih roti tawar dari gandum atau biji-bijian, bukan roti putih biasa.

Roti putih biasanya terbuat dari biji-bijian rafinasi yang sudah kehilangan banyak nutrisi selama proses. Berbeda dengan roti dari biji-bijian utuh yang masih mempertahankan kandungan serat, vitamin dan mineral pada kulitnya.

“Biji-bijian rafinasi seperti roti putih dan pasta putih berkontribusi pada penurunan energi. Mereka cepat dicerna, membuat kadar gula darah melonjak. Saat gula darah mendadak turun, tingkat energi menurun,” jelas Lisa Young, ahli gizi.

 

  1. Burger

Keberadaan ojek daring memudahkan orang mendapatkan santapan sahur tanpa harus memasak. Hanya saja, sebaiknya Anda tidak memesan burger untuk menu sahur meski diskonnya menggiurkan.

Burger terlihat mampu memenuhi kebutuhan Anda berkat lapisan daging, sedikit sayur dan roti yang mengandung karbohidrat.

Namun jangan harap kebutuhan nutrisi Anda akan terpenuhi dari burger. Justru tubuh akan terasa berat dan mengantuk setelah bersantap.

“Karbohidrat dengan sedikit bahkan nyaris tak ada serat, seperti roti putih, memberikan kita energi dengan cepat dalam bentuk glukosa tapi ini bisa mengakibatkan turunnya energi secara drastis,” jelas Keri Grans, ahli gizi.

 

  1. Pisang

Buah satu ini sangat baik dikonsumsi apalagi setelah berolahraga. Pisang mengandung triptofan, potasium dan magnesium sehingga efektif mengendurkan otot dan mengurangi kecemasan. Ini sangat baik untuk kesehatan tetapi tidak baik dikonsumsi berlebihan saat sahur.

Untuk menghindari efek samping ini, sebaiknya kombinasikan pisang dengan bahan pangan yang tinggi protein dan vitamin B untuk suplai energi. Anda bisa memadukan pisang dengan selai almond atau protein shake.

 

  1. Ayam goreng

Teksturnya yang renyah membuat ayam goreng jadi deret lauk favorit. Ayam goreng pun mudah disiapkan sebab Anda bisa memarinasi di malam hari, simpan di kulkas lalu digoreng jelang sahur. Namun menu ini sebenarnya tidak pas untuk menu sahur.

“Meskipun hidangan ini enak, memakannya bisa membuat orang merasa lesu. Makanan yang digoreng, seperti ayam goreng, bisa sulit dicerna dan cenderung lebih ke makanan ‘berat’. Kombinasi lemak dan garam yang digunakan bisa membuat orang terbebani dan tidak merasa segar,” jelas Lauren Manaker, ahli diet dan penulis, seperti dikutip Eat This, Not That!.

 

  1. Energy bar dan granola

Praktis dan mampu memberikan energi dengan cepat membuat orang memilih energy bar dan granola untuk memulai hari. Tidak jarang keduanya dijadikan menu sahur yang praktis.

Cukup semangkuk granola plus susu sudah mampu membuat perut kenyang dan berenergi.

Akan tetapi, perhatikan kadar gula pada masing-masing produk. Gula tambahan untuk sahur tentu tidak disarankan sebab justru Anda akan lemas seharian. Pilih produk yang mengandung sedikit atau tanpa gula tambahan.

Nah, itulah beberapa menu makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat santap sahur agar tubuh tidak terlalu merasa lemas. Semoga bermanfaat.  []

Advertisement
Advertisement