January 20, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Awas, Menjilat Bibir yang Kering Justru Sebabkan Bibir Menjadi Kering

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Bibir kering tidak hanya merusak senyum, tetapi bisa juga menimbulkan perasaan tidak nyaman dan sakit apabila pecah-pecah dan berdarah. Hal itu karena bibir berbeda dengan area kulit lainnya, yakni tidak memiliki kelenjar minyak hingga menyebabkannya mudah kering.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bibir kering, antara lain akibat cuaca, udara dingin, udara kering, pemanas dalam ruangan, atau paparan bahan kimia dari obat-obatan tertentu. Namun ternyata beberapa kebiasaan juga bisa memperburuk kondisi bibir kering.

Salah satunya adalah kebiasan menjilat bibir. Meskipun sekilas tampaknya berlawanan, menjilat bibir ketika kering ternyata membuatnya bertambah kering.

“Air liur mengandung enzim yang mengeringkan dan mengiritasi kulit bibir,” kata Neil Sadick, MD, profesor klinis dermatologi di Weill Cornell Medical College New York, Amerika Serikat.

Untuk itu, ia menyarankan agar mereka yang terbiasa menjilat bibir menghentikan kebiasaan itu dan beralih dengan menggunakan pelembab bibir setiap kali ingin menjilat bibir.

Makanan ternyata juga dapat menyebabkan bibir kering. Apalagi kalau senang makan makanan asin dan pedas. Menurut Doris Day, MD, FAAD, pada makanan asin terdapat garam yang bisa mengikat air sehingga menyerap air dari bibir. Akibatnya, bibir pun akan kering. Sementara itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan iritasi dan kehilangan kelembaban pada bibir.

Bibir kering juga bisa disebabkan kebiasaan bernafas menggunakan mulut, bukan hidung. Biasanya hal ini terjadi ketika pernafasan dengan hidung terganggu sehingga tidak menyediakan cukup ruang untuk udara melewatinya.

Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan nasal saline spray atau neti pot untuk menjaga saluran hidung agar tetap bersih dan tidur dengan menggunakan humidifier guna mencegah kekeringan di udara.

Obat-obatan tertentu ternyata dapat menyebabkan bibir kering. Beberapa obat-obatan seperti anti-depressants, antihistamines, anti-anxiety, decongestants, muscle relaxants, dan obat nyeri dapat membuat bibir kering jika dikonsumsi terus menerus.

Konsultasikan pada dokter bila obat yang dikonsumsi memberikan efek bibir kering atau tidak. Dan Jangan lupa, perbanyak minum air putih dan gunakan pelembab bibir sebagai cara yang ampuh untuk atasi bibir kering. []

Advertisement
Advertisement