July 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ayo Lakukan, Berjemur Pagi Hari, Manfaat Jangka Panjangnya Bagus Sekali

2 min read
Berjemur matahari pagi (Foto Istimewa)

Berjemur matahari pagi (Foto Istimewa)

JAKARTA – Salah satu aktivitas yang baik dilakukan saat pagi hari adalah berjemur di bawah matahari pagi.

Mengutip alodokter.com, pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Di waktu inilah, sinar matahari masih belum terik sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami.

Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa manfaat bagi kesehatan dari berjemur di pagi hari, antara lain:

  1. Mengurangi Risiko Depresi

Sinar matahari dikabarkan dapat memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin. Nah, hormon serotonin sendiri bermanfaat dalam meningkatkan mood dan meningkatkan perasaan tenang.

Bahkan, seseorang yang tidak mengalami depresi pun kemungkinan besar juga akan merasakan perubahan suasana hati jika berjemur di pagi hari.

 

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Perubahan pola tidur yang signifikan rentan terjadi pada setiap orang seiring bertambahnya usia. Padahal, tidur yang cukup dan nyenyak bermanfaat dalam memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh sekaligus menjaga daya tahan. Dalam hal ini, sinar matahari berperan penting dalam menjaga pola tidur tetap teratur.

Sebab, paparan sinar matahari dari berjemur di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian pada tubuh. Kondisi tersebut dapat membantu tubuh untuk mengantuk ketika matahari mulai terbenam.

 

  1. Membantu Mencegah Gangguan pada Tulang

Selain mengurangi depresi dan meningkatkan kualitas tidur, berjemur di pagi hari juga diyakini dapat mencegah gangguan pada tulang. Pasalnya, salah satu manfaat paparan sinar matahari pagi adalah membantu produksi vitamin D pada tubuh secara alami.

Nah, vitamin D sendiri berperan penting dalam proses penyerapan kalsium pada tubuh. Hal ini tentu dapat meningkatkan kekuatan tulang sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis dan radang sendi.

 

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asupan vitamin D yang terpenuhi dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit. Misalnya seperti penyakit jantung, sklerosis otot, flu, hingga penyakit autoimun atau jenis kanker tertentu.

Inilah alasan mengapa selama pandemi COVID-19 setiap orang dianjurkan untuk berjemur di pagi hari.

 

  1. Berpotensi Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur

Berjemur di pagi hari disebut-sebut dapat menurunkan risiko terjadinya persalinan prematur dan infeksi yang berhubungan dengan kehamilan.

Hal ini berdasarkan asupan vitamin D yang diperoleh tubuh pasca berjemur. Namun, hal ini masih menjadi perdebatan, sehingga penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait manfaat berjemur yang satu ini.

Di samping itu, American Academy of Dermatology menyarankan untuk tidak menggunakan paparan sinar matahari sebagai metode utama untuk mendapatkan vitamin D.

Jika saat ini kamu sedang hamil, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter terkait berjemur di pagi hari.

Itulah penjelasan mengenai manfaat berjemur di pagi hari yang perlu diketahui. Secara umum, sinar matahari pagi bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami.  []

Advertisement
Advertisement