June 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Badanmu Mudah Lelah, Loyo, Sering Lesu ?

2 min read

JAKARTA – Memiliki aktivitas yang padat kerap membuat stamina terkuras dan tubuh menjadi lesu.

Jika itu sudah terjadi, maka sulit untuk melanjutkan aktivitas atau rutinitas lainnya. Hal itu terjadi karena tubuh kekurangan energi.

Menurut dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, tubuh yang kekurangan energi diakibatkan oleh kekurangan asupan makanan di tengah banyaknya aktivitas banyak. Selain itu, tubuh lesu dan tak berstamina bisa disebabkan oleh sakit, kelelahan yang berkelanjutan, dan stres.

“Untuk mengembalikan stamina agar tubuh kembali berenergi coba kembalikan keseimbangan intake dan output,” ujar dr. Helmin dikutip dari Bantennews.co.id.

Jika ada penyakit khusus, dr. Helmin menyarankan untuk segera diobati. Termasuk bila terjadi stres untuk segera ditanggulangi. Selain itu, ia menyarankan untuk istirahat yang cukup.

“Segera istirahat yang cukup,” terangnya.

Makanan yang bisa membantu mengembalikan stamina adalah oatmeal atau juga kacang-kacangan. Makanan tersebut mengandung protein tinggi yang dapat diubah menjadi tenaga.

“Oatmeal mengandung energi sehingga dapat membantu menambah stamina,” paparnya.

Makanan lain yang juga bisa dikonsumsi adalah sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Makanan ini mendukung proses metabolisme. Proses metabolisme jika berjalan baik dapat meningkatkan stamina.

“Jika semua berjalan baik akan meningkatkan stamina,” sambung dr. Helmin.

Untuk meningkatkan stamina, dr. Helmin juga menyarankan untuk mengupayakan pola hidup yang teratur, pola makan dan minum yang benar, beristirahat, berolahraga. Selain itu perlu melakukan manajemen stres.

Penting juga menurutnya untuk dan mengonsumsi suplemen peningkat stamina. Suplemen yang dimaksudkan adalah yang mengandung gingseng.

Seperti diketahui gingseng memiliki banyak khasiat. Bahkan masyarakat Korea,  menyebutnya sebagai hadiah dari Dewa Gunung.  []

Advertisement
Advertisement