December 4, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Berawal Saat Usahanya Merugi Ratusan Juta, Kini Rukamto Sukses Menjadi Mr Coli di Timur Alun-Alun Pati

2 min read
Prime Banner

PATI – Beberapa orang tampak sedang menikmati makanan di Foodscape Pati yang berada di samping Alun-Alun Pati. Di tempat yang baru launching awal Oktrober lalu itu, seorang pria terlihat sedang meracik makanan di konter serba merah. Ia adalah Rukamto (37) Owner Mr Coli.

Setelah menyelesaikan pembuatan menu pesanan pembeli, ia sudi berbagi kisah soal usaha yang dirintis setahun lalu itu. Kuliner olahan ikan yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan itu kini sudah punya sembilan outlet dan dua rumah makan. Tempatnya tersebar di berbagai kecamatan seperti, Pati, Dukuhseti, Tayu, dan Juwana.

Namun, dibalik kesuksesannya itu, Mr Coli terlahir dari musibah yang sekarang menjadi berkah. Pemilik Mr Coli yang punya bisnis tambak ikan itu pada mulanya mengalami kerugian hingga ratusan juta. Ikan nila yang ia pelihara mati hingga delapan ton. Akhirnya, agar tidak rugi-rugi amat, ia menjual ikan tersebut dengan harga murah untuk digunakan sebagai pakan ternak dan yang masih segar ia olah sendiri.

“Awalnya ikan di tambak saya mati semua hingga delapan ton, dan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha jadi tidak laku. Kemudian saya berpikir bagaimana agar ikan saya tidak terbuang sia-sia,” ungkapnya dinukil dari Beta News.

Dari situ, pria yang dikarunia dua anak itu mencoba membuat ikan goreng tepung yang terinspirasi dari ayam goreng kentucky. Ternyata, sang anak yang nggak begitu doyan ikan jadi suka, dan tercetuslah ide untuk berjualan kuliner olahan ikan.

“Anak saya tidak suka ikan, dan akhirnya jadi suka. Dari situ saya punya inisiatif untuk membuat produk olahan dari ikan agar semua orang suka makan ikan,” terangnya.

Berbekal ilmu yang terus dikembangkan saat mengikuti berbagai pelatihan UMKM, ia bersama Sang istri, Ria Wijayanti (27) kemudian merintis Mr Coli. Soal nama, Rukamto memang sengaja memilih nama yang unik agar mudah diingat orang.

“Mr Coli itu singkatan dari cocol ikan. Karena saya berpikir hal yang kontroversial pasti akan selalu diingat orang,” jelasnya.

Keunggulan tempatnya ini adalah menggunakan Ikan nila salin yang dibudidayakan dengan menggunakan media air payau. Cita rasanya lebih gurih dan tidak bau amis. Ikan ini juga mempunyai protein yang lebih tinggi dibandingkan ikan nila biasanya.

Menu serba ikan yang ditawarkan Mr Coli adalah nila krispi, udang krispi, cumi krispi, kerang dara, kerang hijau, dan kepiting. Sedangkan yang menjadi andalan adalah nila krispi. Dengan menggunakan saus asam manis yang diracik sendiri menambah kenikmatan dari olahan ikan nila ini.

“Satu porsinya cukup dengan harga Rp 12 ribu saja itu sudah lengkap dengan saus asam manisnya yang kami racik sendiri,” tukas Rukamto. []

Sumber Beta News

Advertisement