September 26, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Berkali-Kali Kehilangan Uang, Begini Cara Cerdas Nenek Majikan yang Membuat PRT Asal Indonesia Tak Berkutik Mengakuinya

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SINGAPURA – Seorang nenek majikan berusia 91 tahun berhasil mengungkap ulah buruk seorang PRT asing asal Indonesia yang bekerja untuknya.

Jengkel karena terus mnerus kehilangan uang dalam waktu selama hampir setahun, nenek tersebut akhirnya mencari akal, untuk membuktikan kecurigaannya sekaligus menemukan pelaku dibalik hilangnya uang belanja.

Mengutip Xing Ming Daily, nenek tersebut sudah sejak dulu selalu memperkerjakan PRT asing. Pernah dari Filipina, pernah pula dari Indonesia.

Dan PRT asing terakhir yang bekerja untuknya adalah seorang pekerja migran Indonesia berusia 35 tahun.

Sejak kehadiran PRT asing yang terakhir ini, sang nenek majikan merasa uangnya sering hilang. Sekali hilang tidak langsung dalam jumlah besar, menurut pengakuan nenek sekali hilang dalam kisaran SGD 10 hingga SGD 50, atau setara dengan Rp. 100 ribu hingga Rp. 500 ribu) dan rutin rata-rata dua kali dalam seminggu atau 8 kali dalam sebulan.

Curiga, namun tidak berani menuduh, akhirnya si nenek menandai uang yang ada dalam tasnya dengan angka dan kode kode tertentu.

Saat nenek memeriksa dan mendapati uangnya benar-benar hilang, akhirnya sang nenek menanyai si PMI, namun si PMI tersebut menyatakan tidak tahu.

Tak kehilangan akal, sang nenek meminta si PMI untuk menunjukkan uangnya, dan dengan tanpa beban, si PMI pun menunjukkan uang yang ada di kamarnya.

Dan benar, beberapa lembar uang yang disimpan oleh si PMI tersebut ternyata ada tanda yang ditorehkan oleh sang nenek majikan.

Tak menunggu waktu lebih lama, sang PMI yang akhirnya mengakui telah mencuri dipulangkan ke Indonesia hari itu juga. []

Advertisement
Advertisement