December 7, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cara Benar Konsumsi Madu agar Khasiatnya Maksimal

3 min read

JAKARTA – Salah satu bahan herbal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah madu. Bahkan juga dijadikan sebagai ramuan untuk penyakit tertentu.

Dikutip dari alodokter.com, manfaat madu bagi kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi.

Cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini berkhasiat dalam menjaga imunitas tubuh, meredakan batuk, menjaga sistem pencernaan, hingga beragam manfaat lainnya.

Manfaat madu untuk kesehatan didapat dari beragam kandungan nutrisinya di dalamnya. Di samping gula yang membuatnya terasa manis, madu juga mengandung vitamin A (retinol), vitamin B kompleks, vitamin C, serta beberapa senyawa aktif, seperti flavonoid dan asam fenolik.

Hanya saja untuk bisa memperoleh manfaat madu secara maksimal harus dikonsumsi dengan cara yang benar pula.

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut cara minum madu yang benar agar khasiatnya bisa maksimal:

 

  1. Jangan seduh madu dengan air panas

Mungkin banyak dari kita kerap mencampurkan madu dengan air panas agar larut dan terasa hangat di tenggorokan. Padahal sebenarnya cara tersebut tidak tepat.

Dilansir dari laman healthshots.com, menambahkan madu dengan air panas dapat menjadi racun pada tubuh. Madu juga tidak boleh dimasak atau dipanaskan dalam kondisi apapun.

Oleh sebab itu, sebaiknya madu dikonsumsi langsung atau mencampurkannya dengan air biasa.

 

  1. Minum madu sebelum makan

Melansir Healthline, madu baik dikonsumsi sebelum makan atau saat keadaan perut kosong. Minum madu sebelum makan dapat mengatasi masalah lambung dan pencernaan.

Anda dapat mengonsumsi madu sebanyak 1-2 sendok sebelum makan untuk menjaga kesehatan lambung dan pencernaan.

 

  1. Minum madu sebelum tidur

Selain sebelum makan, madu juga baik dikonsumsi sebelum tidur. Mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu mengatasi batuk di malam hari.

Tak hanya itu, mengonsumsinya sebelum tidur juga dapat membuat tidur jadi semakin nyenyak, membuat tulang lebih kuat, dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

  1. Minum madu secukupnya

Madu juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Lantas berapa banyak sebaiknya madu diminum dalam sehari?

Aturan minum madu dalam satu hari adalah satu sendok teh sekali minum. Jumlahnya bisa 2-3 kali dalam sehari.

Meski mengandung beragam nutrisi penting seperti antioksidan, namun madu bisa dikatakan sejenis gula. Jadi mengonsumsinya berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah Anda naik.

Minum madu dalam jumlah besar, terutama secara konsisten dalam jangka waktu lama, dapat membuat berat badan bertambah dan meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 atau penyakit jantung.

 

  1. Tidak semua bisa minum madu

Dikutip dari Webmd, meski memiliki kandungan dan nutrisi yang baik untuk tubuh, tetapi madu tidak bisa dikonsumsi semua usia.

Sebagai contoh, anak yang berusia kurang dari satu tahun tidak boleh mengonsumsi madu. Hal ini karena madu dapat menyebabkan botulisme, yakni keracunan makanan yang langka dan parah.

 

  1. Saat sakit tenggorokan

Madu juga dapat dikonsumsi untuk terapi tambahan sakit tenggorokan. Efek antiinflamasi dan antibakteri yang terkandung di dalamnya mampu mengatasi sakit tenggorokan, merujuk laman Mayoclinic.

Untuk mengobati sakit tenggorokan, Anda dapat mengonsumsi satu sendok makan madu sebanyak dua kali sehari.

Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan madu dengan air lemon atau teh hangat. Minumlah secara perlahan untuk melegakan tenggorokan yang terasa sakit.

 

  1. Saat butuh meningkatkan imunitas

Dalam penelitian Honey and Health: A Review of Recent Clinical Research yang diterbitkan NCBI, madu dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal itu karena kandungan antioksidan dan antibakteri yang terkandung di dalam madu mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Caranya dengan menambahkan satu sendok madu dan jus lemon ke dalam segelas teh hangat di pagi hari dan meminumnya sebelum sarapan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar saat mengkonsumsi madu khasiatnya bisa maksimal. []

Advertisement
Advertisement