December 4, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Disambut Puluhan Ribu Pendukungnya, Tiba di Kediaman, Begini Suasana Riuh Gembira Menyambut Kepulangan Habib Riziq

2 min read
Prime Banner

JAKARTA – Kepulangan Imam Besar Habib Mohammad Riziq Shihab telah disampaikan kepastiannya sejak beberapa hari yang lalu melalui siaran sebuah stasiun TV dari tempat tinggalnya di Makkah Saudi Arabia.

Sesuai yang direncanakan, akhirnya Habib Riziq bersama keluarganya mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta pagi ini (10/11/2020).

Riuh gempita masa berpakaian putih memadati Bandara ingin menyambut kedatangan tokoh yang dijadikannya sosok pemimpin.

Pantauan ApakabarOnline.com dari berbagai tayangan live, ada yang menyebut dari dua puluh ribu masa memutihkan kawasan Bandara, tol keluar bandara hingga petamburan.

Perjalanan Habib Riziq dari Bandara ke rumah kediamannyapun sempat terhambat ribuan pendukungnya yang ingin secara langsung berada di posisi terdekat, menyampaikan ucapan ahlan wa sahlan di Indonesia dan memastikan tokoh FPI tersebut dalam kondisi sehat walafiat.

Jumlah mereka bisa dihitung dengan MapChecking. MapChecking adalah situs untuk menghitung estimasi kepadatan orang (crowd density estimation) di suatu tempat. Crowd density estimation dirumuskan dan dikembangkan oleh Prof Dr G Keith Still dan Manchester Metropolitan University Inggris.

Jumlah massa ditaksir dari kepadatan orang berdiri dalam 1 meter persegi. Nanti kepadatan/meter persegi dikalikan dengan luas area massa berkumpul. Prinsipnya sederhana, namun ilmiah.

Penerapannya bisa dicek dari mapchecking.com. Fiturnya mudah digunakan. Di sisi kiri ada peta dari Google Maps. Di sisi kanan ada kalkulator untuk menghitung massa.

Disclaimer: Uji perhitungan massa penjemput Habib Rizieq ini hanya mengukur area Kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta saja. Hal ini merujuk pada video Twitter berikut. Area yang diukur yaitu dari pintu keluar sampai ke stasiun Skytrain Terminal 3.

Dari situ diketahui area seluas 6.811 m2. Lalu dipilih skala kepadatan orang. Ada Light (0,3 orang/m2) dan Crowded (2 orang/m2) dan Packed (4 orang/m2). Dari video dan foto yang beredar, tampaknya masuk dalam kategori Crowded, atau 2 orang/m2.

Setelah dihitung, estimasi jumlah penjemput Habib Rizieq di area Kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta adalah sekitar 13.621 orang. Sekali lagi ini adalah angka perkiraan dan tidak menghitung massa di luar area kedatangan bandara.

Saat ini, Habib Rizieq dan rombongan penjemputnya telah menuju ke markas FPI di Petamburan. Kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta pun berangsur-angsur turun kembali menuju normal.

Setelah menempuh perjalanan selama 4 jam dari Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Rizieq Shihab akhirnya tiba di kediamannya di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada pukul 13.30 WIB.

Rizieq tiba dengan menumpang mobil dengan atap terbuka dan disambut dengan iring-iringan para pendukungnya yang terus memekikkan takbir dan melantunkan salawat, diiringi ‘marching band’.

Saat tiba di halaman rumahnya, Rizieq Shihab tak langsung masuk ke dalam. Ia terlebih dahulu memberikan orasi dan berterimakasih kepada para pengikutnya karena telah menunggu kepulangannya dari Arab Saudi.

Dia pun menyebutkan kepulangannya ke Tanah Air untuk melakukan revolusi akhlak. Selain menyampaikan orasi, dia  juga mengajak pendukungnya untuk berdoa.

Setelah 20 menit, dia pun meminta izin untuk masuk ke dalam rumahnya, dan meminta jemaahnya untuk membubarkan diri dengan tertib dan tanpa keributan. []

Advertisement