October 17, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Empat Hal Berikut Ini Bisa Membuat Ibadahmu Sia-Sia

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Ibadat atau Ibadah adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa Arab ‘Ibadah. Dalam terminologi bahasa Indonesia sebagaimana yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata ini memiliki arti: Perbuatan atau penyataan bakti terhadap Allah atau Tuhan yang didasari oleh peraturan agama.

Manusia sendiri diciptakan di muka bumi dengan tujuan tidak lain yaitu untuk melakukan ibadah. Dengan ibadah seseorang akan mendapatkan pahala melimpah dari Allah SWT. akan tetapi, ada hal-hal yang walaupun kita melakukan ibadah, tetapi pahalanya tidak sampai.

Disebutkan oleh Abu Laits Al-Samarqandi dalam Tanbihul Ghafilin seperti demikian:

“Sebagian orang bijak berkata, ‘Amalan butuh pada empat hal agar selamat: pertama, berilmu sebelum memulainya, karena amal tidak sah tanpa ilmu. Bila amal dilakukan tanpa ilmu, mudharatnya lebih banyak ketimbang maslahatnya. Kedua, niat pada saat memulainya, karena amalan tidak sah tanpa niat. Ketiga, sabar ketika menjalankannya agar mencapai ketenangan. Keempat, ikhlas ketika selesai beramal, karena amalan tidak akan diterima tanpa keikhlasan, bila kamu ikhlas Allah akan menerima amalanmu dan hati orang-orang yang beribah pada Allah (beriman) juga akan menerimanya.”

Bila kita merenungi makna penjelasan Al-Tsamarqandi di atas, amal/ibadah kita tidak bisa mendapatkan pahala manakala kita tidak melakukan empat hal di atas, yang jika disimpulkan, yaitu pertama, beribadah tanpa berilmu. Kedua, tidak niat benar-benar untuk beribadah. Ketiga, tidak sabar dalam menjalankannya. Dan keempat, tidak ikhlas dalam beribadah. Wallahu A’lam.[]

Advertisement
Advertisement