September 26, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Gempa 6.0 SR Guncang Lokasi Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA –  Gempa berkekuatan 6,0 SR mengguncang lepas pantai Jepang, tempat diselenggarakannya Olimpiade Tokyo 2020.

Meskipun beberapa atlet dan jurnalis merasakan kekuatan gempa, namun tidak ada kekhawatiran tentang tsunami.

Gempa melanda pada kedalaman lebih dari 6 mil sekitar 75 mil timur-timur laut kota Hasaki Jepang, yang berjarak sekitar 75 mil timur Tokyo.

Dilansir Mirror, Survei Geologi AS melaporkan gempa bumi lainnya, mulai dari magnitudo 4,1 hingga 5,1 telah terjadi di daerah yang sama di lepas pantai Jepang.

“Sekitar 5:42 pagi, gempa berkekuatan 5,6 terjadi di lepas pantai Prefektur Ibaraki pada kedalaman 30 km,” bunyi postingan UN NERV yang memperingati bencana tersebut, dikutip dari Mirror.

Wartawan asing yang meliput pertandingan di Tokyo turun ke media sosial setelah terjadinya gempa.

“Saya merasakan apa yang tampak seperti gempa ringan di sini di Tokyo. Sekitar pukul 5:33 pagi hari Rabu di sini,” tulis wartawan NBC di media sosial.

“Gempa bumi di Tokyo sekarang. Saya merasakan guncangan selama sekitar 30 detik,” kata seorang koresponden internasional CNN di media sosial.

Gempa, yang terjadi sekitar pukul 5:30 pagi waktu setempat pada hari Rabu, memiliki pusat gempa sekitar 40 kilometer (25 mil) dari daratan, jauh di lepas pantai Jepang.

Gempa pertama kali terjadi lebih dari 6 mil jauhnya di perairan dekat kota Hasaki, yang berjarak sekitar 75 mil timur Tokyo, menurut US Geological Survey. []

Advertisement
Advertisement