November 26, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Indonesia Duduki Posisi Ketiga Negara dengan Kondisi Fatherless Sedunia

1 min read

JAKARTA –  Hari ini diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Namun mirisnya, saat ini, Indonesia menduduki peringkat nomor tiga dunia sebagai negara yang mengalami fatherless atau kurangnya peranan ayah dalam tumbuh kembang anak.

Diketahui penyebab utama hal ini terjadi, karena adanya kebiasaan pembagian peran berdasarkan gender, dimana laki-laki atau ayah fokus memenuhi kebutuhan keluarga.

Sedangkan perempuan atau ibu bertugas mendidik dan merawat anak di rumah. Adanya konsep lama pembagian berdasar gender itulah, peran ayah di Indonesia tergolong rendah dan banyak anak Indonesia kehilangan peran ayah dalam proses tumbuh kembangnya.

Maka dari itu, bagi pasangan yang baru menikah atau orang tua yang saat ini sudah memiliki anak, perlu mengetahui jika peran keduanya bagi pertumbuhan anak sama-sama penting.

Berikut beberapa peran ayah yang bisa dilakukan terhadap pengasuhan anak, yaitu :

  1. Mengajarkan prinsip-prinsip hidup dan kepemimpinan
  2. Mengajarkan bagaimana cara memecahkan masalah
  3. Mengajarkan moral dan tata krama dalam hidup
  4. Menjadi pendidik sekaligus teman bermain anak

 

Hal diatas penting dilakukan seorang ayah dalam pengasuhan, agar anak tak mengalami dampak dari fatherless.

Adapun dampak dari fatherless terhadap anak seperti, konsep diri anak yang buruk, dengan ketidakamanan fisik dan emosional yang dirasakan anak. Masalah perilaku dan gangguan kejiwaan.

Lalu adanya rasa takut, cemas, benci, dan merasa tidak bahagia, performa akademik buruk, pergaulan bebas, penyimpangan seksual, dan kehamilan remaja

Serta penyalahgunaan narkoba dan alkohol, rentan menjadi korban eksploitasi dan pelecehan seksual, dan sulit dalam mengembangkan hubungan dengan pasangan di kemudian hari.[]

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply