August 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ingin Secara Langsung Mendengar Kisah Mereka yang Sukses Mendidik Anak, Merintis Usaha ? Gabung Yuk di Link Berikut Ini

2 min read
Ilustrasi foto Istimewa

Ilustrasi foto Istimewa

HONG KONG – Pendidikan merupakan sektor utama yang penting dalam pembangunan generasi bangsa, tak terkecuali bagi Pekerja Migran Indonesia  (PMI).  Selain bekerja di sektor domestik, PMI yang berada di Hong Kong memiliki semangat  tinggi dalam  menempuh pendidikan baik dalam formal maupun non formal. Semangat belajar dengan tujuan  untuk meningkatkan kapasitas diri, sehingga PMI menjadi insan yang kreatif dan produktif. Namun, belum semua PMI memanfaatkan kesempatan pendidikan yang tersedia.

Workshop Pedidikan bagi Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong  merupakan kerjasama antara Program Studi Kebijakan Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY Indonesia dengan KJRI Hong Kong, TCK Learning Centre for Migrant Workers Hongkong, dan PCI ‘Aisyiyah Hong Kong.

Program ini dirancang untuk memberikan motivasi dan informasi tentang Pendidikan, peluang dan manfaat belajar yang sesuai dengan kebutuhan PMI. Workshop Pendidikan dilaksanakan secara berseri dengan materi-materi yang menarik akan diselenggarakan pada Hari Minggu tanggal: 19 Juni, 26 Juni, dan 3 Juli 2022.

Workshop ini menghadirkan nara sumber dari kedua negara, yaitu Indonesia dan Hong Kong dengan tema-tema terpilih sebagai berikut:

 

  1. Pendidikan untuk Semua (Prof. Dr. Siti Irene A.D., M.Si. – Guru Besar Sosiologi Pendidikan UNY Indonesia)
  2. Manfaat Belajar dan Peluang Pendidikan (Christopher Drake, M.A. – TCK Learning Centre for Migrant Workers Hong Kong)
  3. Sistem Pendidikan Nasional: Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal (Dr. Mami Hajaroh, M.Pd. – Dosen Kebijakan Pendidikan UNY Indonesia)
  4. Lembaga Pendidikan dan Kesempatan Belajar di Hong Kong oleh (Theodora Elfani Prassanti – Konsul Pensosbud KJRI Hong Kong)
  5. Pendidikan Informal: Pengasuhan Jarak Jauh (Dr. Ariefa Efianingrum, M.Si. – Dosen Filsafat dan Sosiologi Pendidikan UNY Indonesia)
  6. Memilih Peluang Pendidikan (Ebni Solikhah, M.Sc. – Dosen Kebijakan Pendidikan UNY)
  7. Rencana tindakan (Maryani, M.A. – Dosen Kebijakan Pendidikan UNY)
  8. Peluang Kerja PMI setelah Pulang ke Indonesia (M. Saiful Anwar, MPA. – Dosen Kebijakan Pendidikan UNY)
  9. Kisah Sukses dalam Pendidikan Anak (Sri Nasiati Umaroh – PCIA Hong Kong)
  10. Kisah Sukses Menempuh Pendidikan Formal (Lia Mandansari, M.A.Ed. – TCK Learning Centre for Migrant Workers Hong Kong)

 

Paparan pemateri dan kisah inspiratif dari nara sumber yang sukses dalam mendidik anak dan nara sumber yang memiliki kisah sukses dalam menempuh pendidikan formal diharapkan dapat membangkitkan motivasi para PMI untuk antusias melanjutkan pendidikan untuk peningkatan kapasistas diri.

Workshop diselenggarakan secara online melalui zoom dan streaming live youtube. Link zoom akan dibagikan melalui WA grup. Bagi PMI di Hong Kong silahkan  mendaftarkan diri melaui link berikut:

https://bit.ly/PKMinternasional dan bergabung ke WA Grup Workshop Pendidikan dengan klik link berikut: https://chat.whatsapp.com/CmZ8ishDVMG2nhhVHhFagf

Selamat belajar, semangat menempuh Pendidikan. []

 

 

 

Advertisement
Advertisement