Istriku Kecanthol Lelaki Mirip Ariel Noah (Curhat Suami PMI Hong Kong Asal Jenangan Ponorogo )

Prime Banner

Halaman Sebelumnya

Perubahan psikis yang terjadi pada anakku memaksa aku untuk selalu di rumah saja. Sesekali aku merawat sawah. Kemudian sebagai gantinya, aku memelihara beberapa ekor kambing dan ayam sebagai sumber pendapatan. Sebenarnya dengan menggantungkan ekonomi pada kedua orang tuaku aku bisa saja, namun aku tidak ingin memberi contoh yang demikian pada anakku. Tekadku, aku harus berjuang seperti apapun adanya hidupku.

Siang hari aku bekerja keras, sebagai bentuk ihtiyar, sedangkan malam hari aku menumpahkan seluruh bebanku dihadapan Allah SWT. Berbagai upaya mencari istriku telah aku lakukan. Sebab, saat pikiranku jernih, langkah penting yang harus aku lakukan adalah memperbaiki psikis anakku yang terguncang dengan memberi dia kabar baik mengenai ibunya sampai dia bisa berkomunikasi dengan ibunya.

Jalur administratif dengan mendatangi dinas tenaga kerja pernah aku tempuh, namun jawaban yang aku dapatkan dari berkas permohonanku selalu masih dalam proses. Saat aku mencoba memperdalam prosesnya sampai dimana, staf kantor selalu menjawab pokoknya masih dalam proses, kemudian aku disuruh pulang dan bersabar. Mendatangi PPTKIS yang memberangkatkan juga pernah aku tempuh. Namun jawaban mereka menyatakan bahwa istriku telah berpindah agen sehingga hubungannya dengan PPTKIS tersebut telah berakhir.

Tidak puas dengan kedua jalur tersebut, tidak terhitung lagi jumlahnya orang pintar baik itu dukun maupun kyai yang pernah aku datangi. Tidak terhitung lagi berapa besar biaya yang pernah aku keluarkan untuk semuanya, namun sampai saat itu, jawaban yang aku terima selalu tidak memuaskan. Semuanya nihil tanpa penjelasan yang pasti.

Sampailah pada suatu hari, seorang kawan karibku memberi masukan kepada aku untuk mencari istriku dengan meminta bantuan ApakabarOnline.com. Sebagai penduduk desa aku tidak tahu ApakabarOnline.com itu media yang bagaimana. Melihatnya saja aku tidak pernah, apalagi mengenalnya. Setelah kedua kalinya dia menyampaikan saran yang sama, akhirnya, aku bersedia dipertemukan dengan wartawan ApakabarOnline.com di rumahku.

 

Karena Wabah SARS, Mantan PMI Hong Kong Menjadi Praktisi Akupuntur

 

Setelah dilakukan pengambilan data dan wawancara, terangkatlah cerita pencarianku terhadap istriku di media tersebut. Kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, wartawan ApakabarOnline.com tidak memberikan janji maupun penjelasan mengenai kondisi istriku sebagaimanaaku pernah diberi janji dan harapan semu dari para orang pintar. Kepada kami, ApakabarOnline.com hanya menjelaskan akan membantu melalui jalur media. Dan sungguh diluar dugaanku, ternyata jalur terakhir yang aku tempuh dalam mencari istriku yaitu melalui ApakabarOnline.com merupakan jalur yang memberi jawaban.

Kurang dari sebulan pencarianku diberitakan oleh ApakabarOnline.com, informasi mengenai istriku sudah bisa aku dapatkan. Namun, kabar mengenai istriku sungguh jauh dari angan-angan kami selama ini. Diketahui dengan didukung bukti-bukti, ternyata istriku menikah lagi dengan lelaki yang paras dan penampilannya mirip artis Ariel Noah warga Jawa Barat. Dan dari pernikahan tersebut, diketahui istriku telah memiliki satu anak laki-laki. Padahal status dia dengan aku masih terikat hubungan suami istri yang syah. Sebuah kenyataan pahit yang sangat memukul batinku, dan tentu batin putriku.

Seorang kawan karib yang menghubungkan aku dengan ApakabarOnline.com menawarkan akan memediasi aku dengan istriku supaya bisa berkomunikasi. Namun saat itu aku menolak untuk berkomunikasi dengan istriku lantaran aku belum bisa menerima kenyataan pahit tersebut. Kusandarkan pedihku diatas sajadah, kutumpahkan airmataku dihadapan Allah SWT sembari aku meminta kekuatan agar aku tetap bisa berpikir jernih serta tegar menghadapi kenyataan ini.

Beberapa waktu kemudian, kepada kawan karibku aku meminta untuk dimediasi berkomunikasi dengan istriku setelah aku merasa siap. Disamping menata hati dan pikiran, tentu aku juga mempersiapkan beberapa kalimat yang akan aku pertanyakan kepadanya. Namun komunikasi tersebut sangat jauh dari keinginanku, dari targetku. Aku bisa terhubung dengan istriku, aku menanyakan perihal kabar tentang dirinya, dan dia mengiyakan, namun dia tidak mau berbicara saat aku tanya kenapa.

Bahkan sampai sekarang, istriku tetap tidak pernah memberi penjelasan tentang kenapa dan bagaimana dia bisa menikah lagi sedangkan statusnya masih syah terikat hubungan suami istri dengan aku. Bahkan untuk mau menghubungi anaknya yang hasil pernikahannya denganku pun sampai sekarang dia tetap tidak bersedia. Sebenarnya aku ingin mendapat jawaban dan pernyataan dia mengenai bagaimana kelanjutan hubungan rumah tangganya dengan aku ini. Tapi tetap saja istriku tidak menanggapi pertanyaanku dengan jawaban. Dia hanya diam.

Hal paling berat untuk aku lakukan adalah memberitahu keluarga dan terutama anakku mengenai kondisi istriku saat ini yang telah menikah lagi. Terutama terhadap anakku, sampai sekarang aku belum bisa menemukan kalimat yang tepat untuk memberi pengertian padanya mengenai kondisi ibunya yang tidak layak ditiru.

Namun pelajaran berharga bagiku, setidaknya aku bisa mengambil hikmah positif dari semua kejadian ini sebagai sebuah ujian dari Allah SWT. Disamping berintrospeksi diri, aku meyakini ini adalah pemberian Allah SWT yang terbaik buat kami, meskipun pahit sekali buat aku dan anakku.

Kepada seluruh perempuan pekerja migran di Hong Kong khususnya, saya berpesan, jika kalian telah berumah tangga, berhati-hatilah dalam menjaga diri dan hati kalian. Jangan sampai kejadian yang menimpa aku, akan menimpa suami kalian. Dan kepada ApakabarOnline.com, saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga. Sebelumnya saya berupaya mencari istri saya, namun Allah menakdirkan istri saya bisa saya dapatkan kabarnya melalui upaya terakhir yaitu melalui ApakabarOnline.com. Sekali lagi terimakasih dan semoga Allah SWT memberi balasan yang setimpal buat ApakabarOnline.com sehingga bisa semakin memberi manfaat bagi banyak orang. Selesai [seperti dituturkan HP kepada Asa dari ApakabarOnline.com]

You may also like...