May 9, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kapan Waktu yang Tepat Memulai Menjalankan Usaha ?

4 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Sebelum anda mendirikan usaha, tentunya anda akan mencari waktu atau masa yang tepat dimana anda dapat mendirikan bisnis anda itu. Dan pertanyaan seputar Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis ini sangat sering berkecambuk di dalam pemikiran orang orang yang mengaku sudah siap dan ingin sekali memiliki bisnis sendiri. Dan dalam bahasan ini kita akan membahas seputar Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis ini. dalam bahasan ini kita akan memiliki 5 point utama yang mengindikasikan anda sudah siap dan memiliki waktu yang baik untuk mendirikan usaha dan mulai menjalankannya. Tetapi ketika anda belum memiliki 5 point dibawah ini atau masih kehilangan salah satu nya saja, maka anda belum siap untuk berbisnis dan harus menunggu lagi hingga semuanya terlengkapi. Sekarang mari kita bahas saja secara langsung 5 point yang mengindikasikan kelayakan anda untuk mulai mendirikan bisnis, mempertahankannya serta memajukannya :

 

Ketika Anda Sudah Mampu Mengesampingkan Rasa Takut Dan Sudah Siap Bangkrut

Rasa takut adalah perasaan yang pasti ada di benak pebisnis atau pelaku usaha yang akan mendirikan bisnisnya. Tetapi apakah perasaan ini harus diikuti atau diabaikan atau dibagaimanakan ? jawabannya dikesampingkan, sebab rasa takut ini sifatnya liar dan akan mengganggu fokus anda untuk menjalankan usaha secara baik. Demikian juga ada rasa takut yang tidak bisa dikendalikan dan menjadikan orang itu tidak pernah memulai bisnisnya. Sebaiknya kesampingkan rasa takut ini dan milikilah pemikiran dan mental yang siap bangkrut. Memang tidak ada yang ingin gagal atau bangkrut, tetapi inilah asumsi yang akan anda miliki sebelum memiliki usaha. Dan selebihnya, bagaimana usaha atau upaya anda agar kebangkrutan ini tidak terjadi dan tidak akan pernah terjai dalam bisnis anda, jadi ketika anda masih takut atau tidak siap bangkrut, maka anda belum siap mendirikan usaha dan sekarang bukan waktu yang tepat.

 

Ketika Modal Sudah Lebih Dari Cukup

Tanpa adanya modal, bisnis tidak akan dapat didirikan, suka atau tidak suka, inilah kenyataannya. Baik bisnis besar atau yang kecil kecilan sekalipun, tidak akan pernah bisa berdiri tanpa adanya sokongan modal yang menjadi awal dari segala permulaan bisnisnya. Modal bisa saja tenaga, konsep, pikiran hingga uang atau materi, tetapi dalam konteks ini kita lebih membahas yang uang saja, sebab inilah modal yang paling sering dan hampir selalu digunakan untuk mendirikan usaha. Memiliki modal untuk mendirikan usaha, tidak bisa hanya dalam skla cukup, tetapi harus lebih dari cukup. Mengapa demikian ? sebab tanpa adanya modal yang menjadi cadangan dari modal utama, anda akan sulit mempertahkannya bisnis anda. Sebab akan ada begitu banyak hambatan, masalah dan hal hal tidak terduga yang akan anda hadapi di masa mendatangnya. Bagi anda anda yang sudah pernah gagal dalam hal ini, pastinya anda akan setuju bukan ? jadi pertama adalah memiliki modal yang lebih dari cukup, minimal ada cadangan sepertiga dari modal utamanya.

 

Saat Anda Sudah Tahu Apa Bidang Bisnis Yang Akan Anda Pilih

Pemilihan bidang bisnis yang tepat dan sesuai dengan minat anda adalah sesuatu yang penting sebelum menjalankan usaha. Dan ketika anda sudah tidak ragu atau bingung lagi bisnis apa yang akan anda dirikan dan jalankan, maka ini pertanda anda sudah siap dan memiliki waktu yang baik untuk mendirikan dan menjalankan usaha anda. Tetapi ingat juga 4 point lainnya.

 

Saat Anda Sudah Tahu Apa Yang Akan Anda Lakukan Untuk Mempertahankan Dan Memajukannya

Tidak sebatas pemilihan bidang bisnis yang tepat dan sesuai minat saja, tetapi juga pada upaya atau cara apa yang akan anda lakukan untuk memastikan bisnis anda bisa bertahan dan maju seiring berjalannya waktu. Sebab jika and apilih pilih saja, anda akan mendapatkan kesusahan dan kebingungan di masa yang akan datang. tahapan ini menjadi suatu hal yang penting dibandingkan 4 point lainnya yang juga penting. Namun inilah yang terpenting, sebab disinilah hal yang berimbas langsung pada sejauh mana bisnis anda bisa bertahan dan maju. Ketika anda sudah memiliki konsep dan tidak lagi bingung mengenai strategi, perencanaan dan pelaksanaannya, maka ini memberi sinyal positif mengenai waktu anda untuk mendirikan usaha.

 

Disaat Anda Sudah Siap Mental Dan Memiliki Mindset Entrepreneur

Mental dan mindset entrepreneur sudah dibahas di bahasan yang sebelumnya. Ini menyangkut langsung pada pola pikir serta persepsi anda dalam menjalankan bisnis anda nantinya. Dengan memiliki mental dan mindset seperti ini anda akan siap menjalankan bisnis yang pastinya kaya akan hambatan, tantangan dan permasalahan, demikian juga anda akan dapat mengatasi segalanya itu dengan kreatifitas dan cara cara yang sehat seiring pelaksanaan bisnis anda nantinya.

 

Inilah lima point yang harus anda perhatikan untuk menentukan kapan waktu Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis. jika anda sudah memiliki 5 point penting ini maka anda sudah siap menjadi seorang pebisnis dan inilah waktu Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis bagi anda, tetapi jika anda belum memilikinya atau masih ada satu saja yang kurang, maka anda harus menunda dulu pendirian usaha anda. Semoga sukses. []

Advertisement
Advertisement