May 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Produk UKM Jawa Timur Bakal Semakin Mudah Masuk Pasar Hong Kong

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Jawa timur sebagai salah satu provinsi kantong pengirim pekerja migran Indonesia (PMI), khususnya ke negara tujuan Hong Kong kali ini kembali bisa tersenyum. Pasalnya, hubungan kirim mengirim barang yang sudah berlangsung sejak lama dan sempat tersendat karena pandemi corona, kini akan kembali pulih dan lancar kembali.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan apresiasinya terhadap maskapai berpelat merah, Garuada Indonesia yang telah mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo untuk rute Surabaya Hong Kong.

Pihaknya, optimistis bahwa layanan penerbangan khusus kargo ini akan sangat membantu dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong yang mulai beroperasi per 6 Maret. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif untuk membantu ekspor kita ke Hongkong, sekaligus meningkatkan daya saing produk kita,” kata Gubernur Jatim yang akrab disapa Khofifah ini di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (05/03/2021).

Untuk diketahui, GIA sendiri akan melayani penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong yang akan terbang perdana mulai besok, Sabtu 6 Maret 2021 pukul 06.00. Rute Surabaya-Hongkong akan dilakukan sekali dalam sepekan yaitu tiap Sabtu, dengan estimasi kargo sebesar 30 ton untuk setiap penerbangan. Sedangkan, untuk rute domestik Surabaya-Banjarmasin-Balikpapan dilakukan 3 sampai 6 kali setiap minggunya.

Untuk layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hongkong komoditas utamanya 70-80 persennya adalah household (barang UMKM, barang kulakan) dan umumnya milik tenaga kerja Indonesia di Hongkong. Selain itu, ada juga live fish (ikan kerapu), fresh fish, gelembung ikan (perut ikan) untuk kosmetik serta barang-barang pabrikan seperti sepatu.

Khofifah menambahkan, bahwa adanya rute penerbangan baru khusus kargo tersebut akan memberikan peluang bagi pelaku UMKM Jawa Timur melebarkan sayap usahanya hingga mancanegara. Hal itu bisa dimulai dari Hongkong yang akan dimudahkan dengan adanya rute tersebut.

“UMKM kita harus bisa melihat peluang dari dibukanya rute baru khusus kargo ini,” tandas orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19, market untuk penerbangan kargo tentunya lebih kuat dibandingkan dengan penerbangan penumpang,” imbuh Khofifah.

Lebih lanjut disampaikan Khofifah, penerbangan kargo rute Surabaya-Hongkong ini juga bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional. Sehingga, sangat dimungkinkan untuk dapat membantu komoditas-komoditas unggulan nasional termasuk selain Jawa Timur bisa lebih berkembang di luar negeri.

“Tentunya juga berkontribusi bagi komoditas unggulan nasional dari provinsi lain, terutama yang berada di Indonesia bagian timur,” tuturnya.

Di akhir, Khofifah berharap adanya rute baru khusus kargo Surabaya-Hongkong dari maskapai milik BUMN ini dapat memberi harapan baru dan memberikan semangat bagi pelaku UMKM di Jawa Timur untuk lebih berkembang, kompetitif dan berdaya saing.

“Harapannya, dengan peluang tersebut bisa meningkatkan semangat yang lebih bagi pelaku UMKM kita untuk berkembang dan berdaya saing,” pungkas gubernur perempuan pertama di Jatim ini. []

Advertisement
Advertisement