April 16, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dua Juta Makanan Berbasis Empon-Empon dari Karanganyar Dipesan Amerika untuk Tingkatkan Imunitas Warganya Hadapi Corona

2 min read

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam acara pelepasan ekspor perdana peremen jahe dari Karanganyar ke Amerika Serikat. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

Informasi Pendaftaran Pemilih

KARANGANYAR – Empon-empon yang merupakan salah satu kekayaan bumi pertiwi sejak jaman dahulu diketahui memiliki sederet manfaat baik untuk kuliner, maupun untuk kesehatan.

Salah satu empon-empon yang dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan adalah jahe.

Jahe dengan kandungan atsiri yang dimiliki terbukti mampu meningkatkan imunitas seseorang yang mengkonsumsinya. Karena itulah, jahe seringkali diolah dalam berbagai rupa untuk keperluan peningkatan imunitas tersebut.

Permen jahe, yang telah termashur di Indonesia sejak jaman bahula menjadi salah satu permen yang memiliki manfaat lebih untuk kesehatan.

Karena itulah, negara maju seperti Amerika Serikat melirik olahan berbasis jahe tersebut untuk meningkatkan imunitas warganya.

Hal itu ditunjukkan dengan pesanan permen jahe dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat yang dipercaya menambah imun tubuh.

Ekspor permen jahe itu dimulai Kamis Siang (04/03/2021) oleh PT Indo Tropikal Group yang untuk kali pertama melepas ekspor perdana permen jahe dari Karanganyar menuju Amerika Serikat.

Hal ini menjadi semangat pebisnis dan usahawan di Kabupaten Karanganyar untuk ekspor ke belahan negara dunia.

“Saya minta momentum ekspor permen jahe dari Karanganyar dijadikan spirit pengusaha yang lain untuk ikut-ikutan mengekspor produk ke belahan negara di dunia ini. Pak Tony (owner) bisa menjadi ujung tombak nanti membuka pasar yang ada di Amerika. Kebutuhan apa saja, semua difasilitasi dan ini sesuatu yang keren,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Selain produk ini menjadi besar, pihaknya berharap bisa bermunculan eksportir lainnya dari Karanganyar. Bupati juga berharap bisa bekerja sama dengan petani jahe sehingga semua bisa sejahtera.

“Momentum covid 19 ini, orang Amerika memesan permen jahe dalam jumlah banyak. Orang Amerika menyakini, jahe dapat meningkatkan imun dan bisa terhindar dari covid 19,” tandasnya.

Sementara Owner PT Indo Tropikal Group, Tony Winata mengatakan ekspor perdana jahe ini sebanyak 2 juta permen dengan nilai Rp 1,5 miliar. Rencana, dalam tahun 2021 ini sudah ditandatangani 7 kontainer permen Jahe ke Amerika.

Perusahaan yang sudah berdiri ini memang tidak serta merta mendapatkan kepercayaan publik Amerika, namun dari serangkaian percobaan akhirnya bisa diakui.

“Prosesnya kurang lebih sekitar dua tahun untuk mendapatkan kepercayaan orang Amerika. Hingga akhirnya diterima dan dikirim ke sana,” imbuhnya.

Tony mengatakan jahe berasal dari petani di Karangpandan. Saat ini, pihaknya sudah kerjasama dengan petani dengan luas lahan 6 hektar. Ke depan, direncanakan akan menjadi 20 hektar. Sistemnya petani mempunyai lahan dan pekerja digaji. Untuk bibit dan standar pemupukan dari PT Indo Tropikal Group. []

Advertisement
Advertisement