August 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Keberangkatan CPMI Asal Pati Kembali Meningkat

1 min read

JAKARTA – Animo warga Pati untuk berangkat ke luar negeri menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) tahun ini meningkat tajam. Hal ini seiring dibukanya akses 64 negara tujuan Migran Luar negeri.

Regulasi penerimaan WNI ke negara asing di masa new normal dari Pandemi Covid-19 juga makin longgar.

Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (PPTK) Disnaker Kabupaten Pati Sri Mulyanto menyebutkan, jumlah calon PMI dari Pati saat ini sudah banyak pendaftar sebelum masa pandemi.

Disnakertrans Pati mencatat, calon PMI yang terdata hingga tanggal 30 Juni 2022 mencapai 1.313 orang, dan dimungkinkan bisa terus bertambah.

“2022 banyak yang sudah kami proses. Meskipun cabang P3TKI di Pati sudah berkurang. Yang tahun ini mengajukan banyak,” kata Sri kemarin (05/07/2022).

Ribuan orang tersebut terdiri dari calon PMI baru dan PMI yang menunda pemberangkatannya karena adanya pandemi Covid-19.

Tidak hanya jumlah calon PMI yang bertambah, Sri juga menyebut bahwa jumlah lowongan pekerjaan di luar negeri saat ini mencapai 2 ribuan.

Adapun negara tujuan yang paling banyak diminati oleh calon PMI dari Pati yakni Taiwan, Malaysia, dan Singapura.

Meskipun banyak pelanggaran dari sisi penerapan protokol kesehatan, Sri menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia masih menerapkan regulasi administratif yang cukup ketat dalam rangka melindungi para PMI ketika bertandang ke luar negeri.

“Regulasi dari pusat ke tempat kerja masih ketat. Dalam hal memberikan perlindungan para PMI. Pertama dokumen harus lengkap, perjanjian kontrak harus valid, besaran gaji, beban kerja dan biaya kesehatannyanya bagaimana,” tandas Sri. []

Sumber Mitra Pos

Advertisement
Advertisement