May 9, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kejadian Lagi, PRT Asing yang Telah Tinggal di Rumah Majikan, Positif Corona Varian Mutan

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Beberapa hari belakangan, Hong Kong dibuat hangat dengan merebaknya kabar penularan lokal virus corona varian mutan atau N501Y yang menimpa seorang PRT asing asal Filipina di Tung Chung serta menimpa seorang pekerja konstruksi asal India di Jordan.

Belum reda kabar tersebut, tadi malam muncul informasi, seorang perempuan asal India yang tinggal di Beauty Mansion Tsim Sha Tsui mengalami hal yang sama, positif terinfeksi virus corona, hingga membuat warga se-building menjalani pemeriksaan dan dikarantina.

Masih hangat kabar tersebut, siang hari ini tiba-tiba kembali muncul informasi, seorang PRT asing asal Filipina juga didapati terinfeksi virus corona varian mutan. PRT asal Filipina yang status positifnya muncul pada siang hari ini diketahui telah tinggal di rumah majikannya di kawasan Block R, Allway Gardens, Tsuen Wan.

PRT Filipina yang disebut berusia 44 tahun ini datang di Hong Kong pada 31 Maret 2021 dan selesai menjalani karantina pada 21 April 2021. Kemudian, pada tanggal 2 Mei, PRT tersebut kembali menjalani tes dan hasilnya kembali positif. PRT asal Filipina ini terinveksi virus corona varian E484K atau yang populer disebut varian Eek.

Melihat kronologinya, diduga PRT asing asal Filipina ini terinfeksi dari klaster penularan lokal.

Sementara itu, dalam keterangan persnya pada sore hari ini, Dr Chuang Shuk-kwan dari Hong Kong Centre for Health Protection (CHP) menyatakan, sepanjang 24 jam belakangan, di Hong Kong telah ditemukan sebanyak 4 kasus baru positif terinfeksi virus corona.

4 kasus baru tersebut didapat dari 3 kasus impor dan 1 kasus lokal.

Pada 3 kasus impor diketahui dibawa oleh dua orang PRT asal Indonesia yang diidentifikasi dengan nomor kasus 11.788 dan 11.790. Satu kasus impor lainnya, dibawa oleh seorang perempuan asal India yang telah selesai menjalani karantina dan tinggal di Beauty Mansion Tsim Sha Tsui.

Sedangkan pada 1 kasus lokal, adalah PRT asing asal FIlipina yang tinggal di rumah majikannya di kawasan Tsuen Wan tersebut diatas.

Hingga saat ini, jumlah seluruh kasus positif corona di Hong Kong telah mencapai 11.791 kasus dengan 210 kematian.

Jumlah pasien yang masih menjalani perawatan terpantau sebanyak 95 pasien dimana 3 diantaranya dalam kondisi kritis. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply