April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Keutamaan Salat Tarawih di Bulan Ramadan

2 min read

JAKARTA – Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan adalah salat Tarawih. Salat satu ini ternyata memiliki banyak keutamaan yang sangat baik untuk diraih setiap muslim.

Dikutip dari wakafsalman.or.id, salat Tarawih adalah ibadah salat sunah yang dikerjakan pada bulan Ramadan setelah salat Isya dan sebelum salat Subuh. Dalil dari pelaksanaan salat Tarawih terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a. yang berbunyi:

“Rasulullah SAW salat di bulan Ramadan dan beliau tidak pernah salat lebih dari 11 rakaat dalam setiap malam, baik pada bulan Ramadan maupun di luar bulan Ramadan. Beliau salat empat rakaat, dan tidak ada salat yang lebih indah dari salat beliau. Beliau kemudian salat empat rakaat lagi dan tidak ada salat yang lebih indah dari salat beliau. Beliau kemudian salat tiga rakaat terakhir.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadis tersebut, kita dapat mengambil pemahaman bahwa salat Tarawih dilakukan oleh Rasulullah SAW pada bulan Ramadan dan beliau menetapkan jumlah rakaat maksimal sebanyak 11 rakaat dalam satu malam, dengan cara empat rakaat, lalu empat rakaat, dan dilanjutkan dengan tiga rakaat terakhir.

Namun, meskipun Rasulullah SAW menetapkan jumlah rakaat maksimal sebanyak 11 rakaat, dalam prakteknya umat Islam di seluruh dunia melakukan salat Tarawih dengan jumlah rakaat yang berbeda-beda, seperti 8 rakaat, 12 rakaat, atau 20 rakaat, tergantung pada tradisi dan kebiasaan di masing-masing daerah.

Sebagian ulama melakukan salat tarawih 20 rakaat karena mengikuti kaum Muhajirin dan Anshar yang juga dilakukan pada masa khalifah Umar.

Lantas, apa saja keutamaan mengerjakan salat Tarawih?

Melansir Suara.com – jaringan Telisik.id, salat Tarawih memiliki sejumlah keutamaan yang luar biasa, berikut keutamaannya:

 

  1. Salat sunah paling utama

Salat Tarawih disebut qiyamu Ramadan. Ia adalah salat malam pada Bulan Ramadan.

Maka dari itu, salat Tarawih juga memiliki keutamaan salat malam pada umumnya sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam. (HR. An Nasa’i).

 

  1. Kebiasaan orang shaleh

Salat malam merupakan kebiasaan orang-orang shaleh terdahulu. Bagi siapa yang mengerjakannya, ia akan dicatat sebagai orang-orang shaleh.

Biasakanlah dirimu untuk salat malam karena hal itu tradisi orang-orang shaleh sebelummu, ia mendekatkan diri kepada Tuhanmu, menghapus kejelekan, dan mencegah dari dosa. (HR. Tirmidzi; hasan).

 

  1. Kemuliaan dan kewibawaan

Menjalankan salat Tarawih juga akan dianugerahkan kemuliaan dan kewibawaan oleh Allah SWT.

Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada salat malamnya. (HR. Hakim; hasan).

 

  1. Mendapat ampunan

Menjalankan salat Tarawih dengan keikhlasan hati akan mendatangkan ampunan dari Allah SWT. Allah akan mengampuni dosa-dosa terdahulu sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Barangsiapa bangun pada malam bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan perhitungan (pahala dari Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Muslim).

Nah, itulah beberapa keutamaan yang dapat seorang muslim peroleh ketika mengerjakan salat Tarawih selama bulan Ramadan. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement