July 2, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kloter Pertama PMI yang Pulang Lewat Juanda Akan Mendarat Hari Ini, Asrama Haji Siap Ditempati

1 min read

SURABAYA – Persiapan asrama haji Surabaya untuk karantina pekerja migran Indonesia telah mencapai 90 persen. Di asrama haji Surabaya mampu menampung sedikitnya 620 orang pekerja migran untuk dikarantina selama 10 hari. Rencananya kloter pertama pekerja migran berjumlah 150 orang, akan tiba di bandara Juanda, hari ini (04/01/2022).

Asrama Haji Sukolilo Surabaya menjadi salah satu lokasi karantina bagi pekerja migran Indonesia yang kembali ke tanah air melalui bandara Internasional Juanda. Jelang kedatangan pekerja migran, pihak pengelola asrama haji telah melakukan persiapan. Menurut Kepala UPT Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Sugianto, persiapan diantaranya menyediakan ruang tunggu dan tempat administrasi bagi pekerja migran.

”Selain itu telah disiapkan 310 kamar, dimana satu kamar akan ditempati dua pekerja migran,” ungkap Sugianto.

Berbeda dengan karantina pekerja migran tahun lalu, untuk kali ini masa karantina diperpanjang dari 3 menjadi 10 hari.

“Selain itu penjagaan ketat akan diberlakukan agar pekerja migran tidak keluar kamar dan berbaur dengan pekerja migran lainnya,” ujar lelaki yang akrab disapa Pak Gik ini.

Pak Gik menyebutkan, proses tes swab bagi pekerja migran akan dilakukan di bandara Internasional Juanda.

“Bagi yang positif langsung dibawa ke rumah sakit dokter Soetomo Surabaya, sedangkan yang negatif langsung dibawa ke Asrama Haji Surabaya,” tandasnya.

Selain di asrama haji Surabaya, ada sejumlah hotel di Surabaya yang juga digunakan sebagai tempat karantina pekerja migran tersebut.[]

Advertisement
Advertisement