October 26, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mandor Kapal Lu Huang Yuan Yu 118 Penyisa PMI ABK Hingga Meninggal Dunia Divonis Bebas

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

 

BATAM – WN China Song Chuanyun alias Song yang merupakan terdakwa penganiayaan terhadap PMI yang menjadi anak buah kapal (ABK) Lu Huang Yuan Yu 118 divonis bebas oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, vonis bebas tersebut dijatuhkan karena hakim menilai Song tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Diketahui sebelumnya, Song ditangkap pada Jumat (10/72020) di Batam, ketika kapalnya tengah berlabuh di dermaga kota tersebut. Song ditangkap atas dugaan penganiayaan ABK kapal antara Januari sampai Juli 2020 di kapal tersebut.

Ia dilaporkan telah melakukan penganiayaan hingga menyebabkan meninggal dunia seorang WNI yang bekerja sebagai ABK di kapal yang dimandorinya.

WNI tersebut adalah Hasan Apriadi, diketahui bekerja di Kapal Lu Huang Yuan Yu 118 bersama beberapa temannya sejak Januari 2020.

Namun, ketika bekerja di kapal tersebut Hasan kerap mendapatkan perlakuan kasar dan penganiayaan berupa penyiksaan fisik hingga menyebabkannya meninggal dunia. []

Advertisement
Advertisement