July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Masuk Kuartal Ketiga, Penderita HIV Baru di Hong kong Didominasi Dari Pasangan Sejenis

1 min read

HONG KONG – Centre for Health Protection (CHP) Hong Kong mengumumkan, sampai dengan kuartal  ketiga (akhir September 2018), jumlah pasien baru HIV tercatat sebanyak 156 orang. 83 diantaranya tertular melalui hubungan sejenis (lesbian / gay), 29 melalui hubungan heteroseksual, satu orang karena narkoba, dan 43 pasien HIV lainnya belum diketahui sebabnya.

Sumber dari CHP menyatakan, dalam RILIS yang di unggah di laman resminya menyebutkan, jumlah pasien 156 orang yang terhitung dalam 3 kuartal pertama di tahun 2018 ini merupakan kejadian baru, baik dari sisi jumlah yang mengalami lonjakan, dan yang paling unik adalah sumber penyebabnya didominadsi oleh hubungan sejenis.

Dr Chen Zhiwei  dari CHP menyebut, hubungan seksual masih menjadi penyebab paling rentan dalam menularkan virus yang membunuh kekebalan manusia ini.

Memasuki musim dingin di Hong Kong, cuaca dan iklim membuat pasien HIV mudah terserang komplikasi pneumonia pneumocystic atau gangguan infeksi paru-paru. Dalam situasi biasa, gangguan ini bisa dengan mudah ditangani dan tidak termasuk kategori mematikan, namun bagi pasien HIV dengan komplikasi tersebut di musim seperti sekarang, rentan membawa kematian.

Dr Chen mengingatkan, belum ada cara lain untuk mencegah penularan HIV dari hubungan seksual selain menggunakan kondom dengan benar.

“Masyarakat, khususnya yang masuk kelompok rentan, dihimbau untuk melakukan hubungan seksual dengan aman, yaitu menggunakan kondom dengan benar, dan secara rutin memeriksakan diri untuk mengetahui penyebaran virus ini sedini mungkin” jelas Chen. []

Advertisement
Advertisement