December 1, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Melalui Juanda, Banyak Pekerja Migran yang Lakukan Mudik Lebih Awal

1 min read

SURABAYA – Beberapa bentuk kelonggaran aturan pengetatan sosial dibawah situasi pandemi covid-19 di Indonesia telah dilakukan. Salah satunya adalah dengan peniadaan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri yang memasuki wilayah NKRI termasuk pekerja migran Indonesia salah satunya.

Begitu aturan diberlakukan, kedatangan pekerja migran Indonesia dari luar negeri melalui Bandara Internasional Juanda yang sebelumnya sempat ditutup, terpantau signifikan jumlahnya.

Mengutip data Bandara Juanda kemarin (27/03/2022), per Sabtu (26/03/2022) lebih dari 500 PMI mendarat di Juanda. Mayoritas mereka dari negara penempatan Malaysia yang ingin pulang ke sejumlah daerah di Jawa Timur.

Mengutip iNews.com, sebagian besar PMI mengaku kepulangannya adalah untuk mudik Ramadhan dan Lebaran.

Mereka melakukan sekarang lantaran memiliki kekhawatiran akan perubahan aturan menjadi lebih ketat di waktu yang akan datang saat lebaran telah dekat.

Saat tiba di bandara, mereka hanya diharuskan melakukan tes PCR tanpa perlu menjalani karantina.

Anisa, salah satu PMI yang pulang melalui Juanda mengakui pulang lebih awal lantaran takut nanti aturannya akan ketat lagi.

Sejak dibukanya kembali Terminal 2 Bandara Juanda, hampir setiap hari terdapat jadwal penerbangan baik keberangkatan maupun kedatangan internasional dari berbagai negara. []

 

Advertisement
Advertisement