November 26, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Meninggal di Negara Penempatan, PMI Asal Blitar Dimakamkan dengan Protokol COVID-19

2 min read

BLITAR – Seorang pekerja migran asal Garum Blitar dilaporkan telah meninggal dunia di negara penempatannya bekerja.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, PMI bernama Muhammad Mahadin (33) tersebut meninggal dunia pada Rabu (03/06/2020) silam setelah sempat mendapatkan perawatan disebuah rumah sakit di Taiwan.

“Berdasarkan keterangan dari Hospital Taiwan melalui surat keterangan yang dibawa petugas medis, disebutkan MM meninggal dunia karena sakit jantung.” jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Haris Susianto di Blitar.

Mahadin diketahui telah menjadi PMI yang bekerja di sebuah pabrik di Taiwan sejak tahun 2017.

Jenazah Mahadin tiba di kampung halamannya pada Jumat 12 Juni 2020 dini hari dan langsung diterima oleh keluarga. Mereka yang di rumah menyambut kedatangan jenazah dengan tangis, namun pihak keluarga menyatakan dapat menerima kematian almarhum, hingga akhirnya jenazah langsung dimakamkan ke pemakaman umum di Lingkungan Combong, Kelurahan Garum tersebut.

“Jenazah dimakamkan di pemakaman umum Lingkungan Combong dengan protokol kesehatan COVID-19,” terang Haris.

Kendati ada keterangan yang bersangkutan meninggal dunia karena sakit jantung, petugas medis tetap mengangkut jenazah dengan protokol penanganan COVID-19. Bahkan, proses pemakaman juga dilakukan dengan protokol penanganan COVID-19.

“Pihak keluarga sudah dapat menerima atas meninggalnya almarhum dan langsung dimakamkan,” ujar dia.

Kendati sedih, keluarga tetap berusaha untuk sabar dengan meninggalnya almarhum. Yang bersangkutan meninggalkan istri dan dua orang anaknya yang masih berusia 10 tahun dan enam tahun.

Terkait dengan hak-hak almarhum, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar juga akan berusaha untuk melakukan komunikasi dengan pihak terkait dan diberikan kepada keluarga.

Almarhum meninggalkan seorang istri bernama Meida Veramasari ( 29 th ) dan dua orang anak laki laki,bernama Kriznanda Eka Mahendra ( 10th ) dan Bima Satria Mahendra ( 6th ). []

Advertisement
Advertisement