May 29, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pawai Ramadhan di Yuen Long

2 min read

YUEN LONG – Ramadhan telah mewarnai Hong Kong. Berbagai acara digelar untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah dan ampunan ini. Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tergabung dalam organisasi muslim di Yuen Long, misalnya, menggelar ”Pawai Ramadhan” pada Minggu (5/5). Acara yang dikoordinir oleh Lilis ini, antara lain dihadiri Atase Teknis Kepolisian KJRI Agung Wahyudi dan Mr. Andy dari Kepolisian Hong Kong.

”Pawai Ramadhan” yang berlangsung pukul 11.00 hingga 14.00 ini digelar dengan berjalan kaki dari belakang Manhattan Plaza hingga lapangan Shui Pin Wai, sebelah gedung Town Hall atau depan kantor polisi Yuen Long.

Ani, selaku panitia acara, mengatakan, pawai yang pertama kali digelar di Yuen Long ini terbilang sukses luar biasa. Antara lain ditunjukkan dari kekompakan semua organisasi yang menjadi peserta acara ini. ”Meskipun direncanakan mendadak, namun Allah memberikan kemudahan jalan yang luar biasa demi kemaslahatan umat-Nya,” ujarnya

Menurut Ani, acara ini bertujuan melakukan syiar Islam, khususnya di daerah Yuen Long yang mayoritas penduduknya beragama non-Muslim. ”Kita ingin memperkenalkan kepada masyarakat Hong Kong, khususnya para majikan, agar mereka mengerti apa itu Islam dan apa itu Ramadhan,” ungkap Ani. Tujuan lain, lanjut Ani, tentu saja mempererat tali silaturahim antar-umat Islam, di samping menunjukkan indahnya Islam di negeri yang mayoritas penduduknya bukan Islam.

Ani menambahkan, lantaran kegiatan pawai ini baru pertama kali dilakukan, wajar jika masih ada kendala yang ditemui di lapangan. Misalnya, saat peserta sedang antre membentuk barisan, tiba-tiba ada seorang warga Hong Kong yang marah-marah dan melapor ke polisi. ”Dikiranya kami hak sei wui,” tuturnya.

Namun, berkat bantuan dan doa, akhirnya surat izin resmi dari kepolisian Hong Kong bisa diperoleh. Sehingga, kegiatan pawai praktis dapat berjalan lancar lantaran beroleh dukungan pernuh dari pihak kepolisian setempat.

Kepada Apakabar Plus, Supiyah, salah seorang peserta, menyatakan gembira bisa ikut terlibat dalam pawai Ramadhan di Yuen Long. ”Semoga kegiatan semacam ini bisa rutin diselenggarakan tiap tahun. Juga, diikuti oleh lebih banyak lagi peserta maupun penontonnya,” ungkap Supiyah, sambil mengibarkan bendera majelisnya. [emma]

Advertisement
Advertisement