April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

PDI Perjuangan: Desain Kecurangan Pemilu Bersifat dari Hulu ke Hilir!

1 min read

JAKARTA –  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan bahwa kecurangan proses pelaksanaan Pemilu 2024 terjadi dari hulu ke hilir.

Pernyataan itu disampaikan Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto saat jumpa pers di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu malam (14/2/2024).

Kata dia, hal itu berdasarkan pencermatan yang dilakukan pihaknya selama proses Pemilu berlangsung.

“DPP PDI Perjuangan mencermati terhadap seluruh desain kecurangan pemilu yang bersifat hulu ke hilir,” tegas Hasto.

Atas dasar itulah, Hasto menegaskan bahwa hingga saat ini pihaknya bersama parpol pendukung dan pengusung Ganjar-Mahfud hingga relawan terus mengumpulkan bukti-bukti kecurangan Pemilu 2024.

“PDI Perjuangan bersama dengan relawan saksi dan kerja sama dengan PPP, Perindo dan Hanura, terus mengumpulkan fakta-fakta di lapangan yang begitu banyak, juga disuarakan oleh kelompok-kelompok pro demokrasi,” ujarnya.

Pasalnya, kata Hasto, sejak era reformasi, hanya Pemilu 2024 ini yang diwarnai gerakan civil society diikuti oleh gerakan dari perguruan tinggi hingga para guru besar secara luar biasa.

“Artinya, memang ada suatu persoalan yang sangat fundamental yang berkaitan dengan legitimasi pemilu, baik itu proses maupun dari hasil pemilu itu sendiri,” pungkasnya. []

Advertisement
Advertisement