April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Perangi Praktik TPPO, BP2MI Gandeng Kemenkopolhukam

1 min read

JAKARTA – Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Benny Rhamdani, melakukan audiensi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI yang baru dilantik, Hadi Tjahjanto. Dalam pertemuan tersebut Benny dan Hadi siap menggebuk para sindikat praktik perdagangan orang yang sering menimpa para Pekerja Migran Indonesia.

“Kita bicara tentang bagaimana penanganan pekerja migran Indonesia menghadapi praktik perdagangan orang yang hingga hari ini juga masih terus ada,” kata Benny, dalam konferensi persnya di kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (05/03/2024).

Benny juga menanggapi terkait tren positif penanganan kasus sindikat perdagangan orang, dalam arti kasus perdagangan orang terdapat penurunan. Hal ini bisa dicapai karena kerja sama antarkementerian atau lembaga, khususnya dalam hal penegakan hukum yakni Polri.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Benny menyebut sosok Menkopolhukam Hadi sebagai sosok yang keras terhadap praktik perdagangan orang. Menurutnya, Menkopolhukam Hadi bakal “menggebuk” para sindikat perdagangan orang.

“Dalam konteks sikat sindikat yang selama ini adalah program BP2MI, ternyata ada sosok pemimpin yang lebih keras yaitu Menkopolhukam Hadi. Jadi saya merasa yang saya lakukan sudah sangat keras, tapi beliau lebih keras. Kalau BP2MI memiliki jargon sikat sindikat, ternyata Menko Hadi punya jargon Gebuk Sindikat,” tutup Benny. []

Advertisement
Advertisement