September 27, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pintu Penempatan PMI ke Korea Selatan Sudah Terbuka Lebar

2 min read
Suasana Pemulangan Pekerja Migran Indonesia bermasalah oleh BP2MI (Foto Dok BP2MI)

Suasana Pemulangan Pekerja Migran Indonesia bermasalah oleh BP2MI (Foto Dok BP2MI)

PATI – Setelah terhenti selama pandemi, pemerintah melalui Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tidak lama lagi akan melakukan pendaftaran penerimaan calon pekerja migran. Peluang pekerja migran ke Korea semakin terbuka lebar. Pendaftaran khusus untuk negara penempatan di Korea Selatan dilakukan melalui skema Goverment to Governent (G to G).

Hal itu disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wilayah Jawa Tengah – Semarang, Pujiono, saat acara Sosialisasi Pendaftaran Online kepada Calon Peserta Tes EPS Topik di aula LPK Bina Muda, Grobogan, pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Pujiono mengatakan, sebagai operator G to G Korea, BP2MI siap dan selalu melayani calon pekerja migran Indonesia (CPMI).

Sosialisasi pendaftaran online EPS Topik kali ini merupakan salah satu fasilitas dari BP2MI kepada masyarakat yang ingin mengikuti proses penempatan kerja ke Korea.

“Kami berharap masyarakat mendapat informasi yang benar terkait penempatan kerja ke luar negeri dari pemerintah, yaitu BP2MI. Kami siap melayani, baik lewat laman, e-mail, maupun call center. Kami persilakan untuk datang ke kantor kami untuk informasi terkait negara penempatan bagi CPMI,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Grobogan, Ahmad Haryono, memberikan dorongan kepada peserta sosialisasi agar mengikuti tes EPS Topik secara baik dan disiplin.

“Keberhasilan Anda ditentukan Anda sendiri. Kami berharap para siswa selalu serius belajar karena pemerintah selalu siap memfasilitasi. Manfaat sosialisasi pendaftaran EPS Topik ini untuk bekal mengikuti proses rekrutmen pekerja migran negara tujuan,” ujar Haryono.

Dalam kesempatan yang sama, narasumber Dwi Prasetyo menyatakan, pendaftaran rekrutmen akan dilakukan secara daring dengan beberapa syarat dokumen yang harus diunggah di laman BP2MI oleh peserta.

Untuk menyukseskan proses pendaftaran rekrutmen secara daring, BP2MI UPT Semarang melalui Pusat Data dan Informasi BP2MI melakukan sosialisasi pendaftaran online kepada calon peserta.

“Kami siap mengajari simulasi pendaftaran tes EPS Topik yang berupa pengisian form serta cara dan jenis dokumen yang harus diunggah oleh calon peserta,” tandas Dwi.

Dwi menambahkan, sosialisasi simulasi pendaftaran EPS Topik itu dilakukan untuk membantu masyarakat yang ingin bekerja ke Korea agar bisa mengikuti prosedur secara benar. Dia berharap masyarakat yang ingin mendapatkan informasi yang valid terkait dengan penempatan bisa menghubungi BP2MI Semarang.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh siswa-siswa LPK Bina Muda Grobogan, yakni 116 peserta secara tatap muka dan 400 peserta secara daring (online) melalui aplikasi Zoom Meeting. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Grobogan, Ahmad Haryono; Kepala UPT BP2MI Semarang, Pujiono; dan narasumber dari Pusdatin BP2MI, Dwi Prasetyo.[]

Kominfo

Advertisement
Advertisement