August 1, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Puluhan Jenazah Pasien Corona Berjejer di RSUD dr Soetomo Surabaya

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Situasi pandemi covid-19 saat ini berbeda dengan bulan yang sama di tahun sebelumnya. Hal tersebut hingga mengakibatkan penumpukan jenazah pasien covid-19 mengantre menunggu pemulasaraan.

Mengutip Kompas.com, Sejumlah jenazah pasien Covid-19 ditutupi lampin di kasur ruang IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo. Fenomena itu dipotret seseorang dan fotonya viral di media sosial.

Direktur dr Soetomo, dr Joni Wahyudi membenarkan foto tersebut. Menurut Soetomi, foto itu merupakan gambaran kondisi IGD RSUD dr Soetomo Surabaya yang direkam pada Kamis (01/07/2021).

Ia mengatakan, jenazah-jenazah yang ditutupi lampin atau kain tebal yang biasa dipakai untuk alas itu merupakan pasien Covid-19 yang ketika datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi parah.

“Ya, betul. Progres penyakitnya cepat sekali. Datang sudah dalam kondisi desaturasi (buruk). Bahkan ada yang meninggal di ambulans, kemarin saja ada 27 orang yang meninggal,” kata Joni.

Kata dia, 27 jenazah itu merupakan pasien Covid-19 yang sempat dirawat di ruang isolasi.

Joni mengakui, kondisi rumah sakit saat ini berbeda dengan setahun sebelumnya. Pada tahun lalu tidak ada fenomena penumpukan jenazah pasien covid-19 berjajar dengan ditutupi lampin.

Joni mengatakan, para tenaga medis di RSUD yang dipimpinnya terus berjuang menangani pasien Covid-19. Ia mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Terpisah, juru bicara Satgas Kuratif Covid-19 Jawa Timur dr Makhyan Jibril Alfarabi menyatakan bahwa pihak RSUD dr Soetomo membenarkan tekait foto jenazah pasien Covid-19 bejejer dan ditutupi lampin yang beredar di media sosial.

Fenomena itu merupakan dampak dai peningkatan kasus Covid-19. Menurutnya, akhir-akhirnya kasus Covid-19 di daerahnya meningkat signifikan.

Sementara itu, beberapa kali dalam dua pekan, angka pertambahan kasus baru mengalami pecah rekor. Seperti yang dilaporkan hari ini, mengutip data Satgas Covid-19 Indonesia, hingga Sabtu (03/07/2021) ada tambahan 27.913 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 2.256.851 kasus positif Corona.[]

Advertisement
Advertisement