Satu Penumpang Cathay Pasific dari Hong Kong yang Mendarat di Juanda Terindikasi Corona, 18 Lainnya Turut di Karantina

Prime Banner

SURABAYA – Pesawat Cathay Pasific dengan nomor penerbangan CX779 asal Hong Kong tujuan Surabaya yang mendarat di Bandara Juanda kemarin (17/03/2020) pada pukul 17:46 petang didisinfeksi ruangan dalam pesawatnya.

Pasalnya, salah satu dari penumpang yang turun dari pesawat tersebut terindikasi terinfeksi virus corona.

Karena peristiwa tersebut, disamping satu penumpang yang terindikasi, 18 penumpang lainnya yang melakukan kontak maupun yang berdekatan selama penerbangan turut dikarantina.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas 1 Surabaya, Muhammad Budi Hidayat.

Budi menambahkan pesawat tersebut berisi WNI hendak kembali ke Indonesia. Tapi bukan hanya itu saja, sebanyak 18 orang melakukan kontak dengan pasien tersebut saat di pesawat, dilakukan karantina selama 14 hari.

“Yang dirujuk 1, terus 18 diperiksa secara detail, (kondisinya) sehat enggak ada panas, enggak ada demam, enggak ada keluhan ya, itu dikarantina 14 hari,” imbuh dia.

Terpisah, Humas RSU dr Soetomo Surabaya, Pesta Parulian membenarkan adanya WNI dirujuk setelah dari Hong Kong. Ia menyebut, WNI yang berstatus PDP tersebut seorang pria berusia 30 tahunan.

“Iya benar, satu orang. PDP dulu, saya belum dapat data detailnya tetapi saya tadi dapat kabar dari KKP melalui ketua tim bahwa akan segera ditransferkan langsung di isolasi kita. Satu orang, katanya sih masih muda 30-an tahun enggak tahu warga mana belum jelas,” kata Pesta. []

You may also like...