April 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sederet Manfaat Membaca Al-Qur’an untuk Kesehatan

2 min read

JAKARTA – Membaca Al-Quran secara rutin akan memberikan manfaat luar biasa. Selain itu, pahala berlipat akan senantiasa dilimpahkan kepada hamba-hamba yang mengamalkannya.

Manfaat membaca Al-Qur’an juga tercatat dalam hadis. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari).

Dari segi kesehatan, membaca dan mendengarkan lantunan Al-Qur’an ternyata memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Hal itu dibuktikan oleh penelitian Klinik di Florida, Amerika Serikat.

Melansir Liputan6.com, Dr Ahmed Al-Qadhi dalam penelitiannya menyatakan, membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

Selain itu, ada beberapa manfaat membaca Al-Qur’an untuk Kesehatan yaitu:

 

  1. Redakan stres dan cemas

Manfaat langsung saat membaca Al-Qur’an adalah mendapatkan ketenangan jiwa. Hal itu dibuktikan dalam studi di Universitas Salford, Inggris. Orang-orang yang membaca dan melantunkan Al-Qur’an menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa.

Dalam Surat Ar-Ra’du ayat 28 Allah SWT berfirman: “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-Qur’an). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-Qur’an) hati menjadi tenteram.”

 

  1. Tekanan darah dan denyut jantung stabil

Melantukan Al-Qur’an akan mendatangkan efek relaksasi. Hal itu sangat bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung. Proses relaksasi merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis) sehingga akan menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung.

 

  1. Daya ingat dan konsentrasi meningkat

Daya ingat orang yang sering membaca Al-Qur’an lebih baik. Selain itu, mampu mempertajam konsentrasi dan lebih fokus. Karena itu, sangat dianjurkan membaca Al-Qur’an selama 10 hingga 15 menit di pagi hari untuk membantu agar lebih fokus dalam bekerja.

 

  1. Menghancurkan sel-sel kanker

Membaca Al-Qur’an ternyata juga bisa menghancurkan sel-sel kanker. Hal itu dilihat dari penelitian Dr Ahmed Al-Qadhi. Ia menyebutkan, lantunan ayat suci Al-Qur’an mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh sehingga dapat melawan sel-sel kanker.

Membaca dan mendengar lantunan ayat Al-Qur’an juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

Dikutip dari Dream.co.id, manfaat membaca Al-Quran sebagai obat ini tertuang dalam firman Allah SWT: “Dan Kami turunkan di dalam Al-Qur’an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS al-Israa’: 82). []

Advertisement
Advertisement